Kompas.com - 07/07/2019, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Bukan hal yang aneh jika yoga menjadi latihan yang rutin dilakukan banyak orang. Olahraga yang mengombinasikan teknik pernafasan, gerakan dan meditasi ini memiliki beragam manfaat fisik dan spiritual.

Penelitian menunjukkan bahwa yoga bisa membantu mengatasi stres dan kecemasan, meningkatkan mood, serta memperbaiki koordinasi tubuh.

Pemula mungkin akan merasa bingung ketika hendak mengikuti kelas yoga untuk pertama kali karena banyak peserta kelas yoga yang terlihat sangat fleksibel dan mampu melakukan pose yang terlihat sulit.

Namun, kamu tak perlu merasa terintimidasi karena gerakan yoga bisa dilakukan siapa saja sesuai kemampuan.

Dasar yoga

Cara terbaik untuk belajar yoga adalah dengan mencobanya. Jika kamu masih ragu dan belum berani ikut latihan di kelas yoga, lakukan riset terlebih dahulu tentang hal-hal berikut:

1. Tipe Yoga

Kelas-kelas yoga terdiri dari sejumlah gaya yoga. Oleh karena itu, cobalah membaca deskripsi kelas yoga pada studio yang akan kamu ikuti untuk mencari tahu apakah kelas tersebut cocok atau tidak.

- Hatha yoga: biasa dilakukan oleh para pemula karena memiliki gerakan yang lambat.

- Vinyasa, Ashtanga dan power yoga: kelas ini lebih menantang dan punya instruksi-instruksi yang bertingkat.

Baca juga: Menemukan Jati Diri Lewat Latihan Yoga...

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.