Banyak Dikritik, Ukiran Kayu Raksasa Melania Trump Disebut Mirip Smurf

Kompas.com - 08/07/2019, 07:17 WIB
Ukiran patung kayu ibu negara Amerika Serikat, Melania Trump di Sevnica, Slovenia. Getty ImagesUkiran patung kayu ibu negara Amerika Serikat, Melania Trump di Sevnica, Slovenia.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ibu negara Amerika Serikat Melania Trump mungkin sangat tersentuh dengan ukiran patung kayu dirinya yang dipajang di kota asalnya di Sevnica, Slovenia.

Patung raksasa yang diungkap ke publik pada pekan ini menampilkan sosok Melania yang mengenakan busana biru muda karya Ralph Lauren. Busana tersebut dikenakan Melania pada hari inaugurasi 2017 lalu.

Ukiran kayu raksasa itu didesain oleh Seniman Amerika Serikat, Brade Downey yang kemudian dikerjakan oleh Seniman Slovenia, Ales Zupevc menggunakan gergaji mesin.

Kemunculan ukiran patung kayu tersebut kemudian mengundang kontroversi di masyarakat, termasuk dari media sosial. Sebagian dari mereka menganggap karya tersebut memalukan.

"Pemahatnya bekerja dalam waktu lama untuk patung itu, namun hasilnya tidak terlihat secantik biasanya," kata seorang warga kepada Reuters.

Ukiran patung kayu ibu negara Amerika Serikat, Melania Trump di Sevnica, Slovenia.Getty Images Ukiran patung kayu ibu negara Amerika Serikat, Melania Trump di Sevnica, Slovenia.
Warga lainnya mengatakan patung tersebut tak mirip dengan Melania. Itu patung Smurfette (tokoh Smurf perempuan). Apalagi, warna busana tersebut juga senada dengan warna Smurf. Komentar senada juga disampaikan oleh sejumlah warga lainnya lewat media sosial.

"Ini memalukan," kata warga tersebut.

Downey angkat bicara mengenai komentar sejumlah masyarakat yang mengkritik patung Melania tersebut.

Baginya, karya tersebut terlihat sangat indah.

"Aku mengerti mengapa orang-orang berpikir patung tersebut tidak sesuai dengan penampilan fisik tokoh sebenarnya. Namun bagiku produk itu benar-benar cantik," kata Downey kepada AFP.

Belum jelas apakah Melania sudah melihat patung tersebut sehingga dia tentu belum berkomentar atas pro-kontra yang terjadi di masyarakat. Tapi, dunia seharusnya sudah mengantisipasi apapun responsnya.

Bagaimana menurutmu soal ukiran patung kayu Melania ini?


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber elle.com
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X