Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Dikritik, Ukiran Kayu Raksasa Melania Trump Disebut Mirip Smurf

Kompas.com - 08/07/2019, 07:17 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber elle.com

KOMPAS.com - Ibu negara Amerika Serikat Melania Trump mungkin sangat tersentuh dengan ukiran patung kayu dirinya yang dipajang di kota asalnya di Sevnica, Slovenia.

Patung raksasa yang diungkap ke publik pada pekan ini menampilkan sosok Melania yang mengenakan busana biru muda karya Ralph Lauren. Busana tersebut dikenakan Melania pada hari inaugurasi 2017 lalu.

Ukiran kayu raksasa itu didesain oleh Seniman Amerika Serikat, Brade Downey yang kemudian dikerjakan oleh Seniman Slovenia, Ales Zupevc menggunakan gergaji mesin.

Kemunculan ukiran patung kayu tersebut kemudian mengundang kontroversi di masyarakat, termasuk dari media sosial. Sebagian dari mereka menganggap karya tersebut memalukan.

"Pemahatnya bekerja dalam waktu lama untuk patung itu, namun hasilnya tidak terlihat secantik biasanya," kata seorang warga kepada Reuters.

Ukiran patung kayu ibu negara Amerika Serikat, Melania Trump di Sevnica, Slovenia.Getty Images Ukiran patung kayu ibu negara Amerika Serikat, Melania Trump di Sevnica, Slovenia.
Warga lainnya mengatakan patung tersebut tak mirip dengan Melania. Itu patung Smurfette (tokoh Smurf perempuan). Apalagi, warna busana tersebut juga senada dengan warna Smurf. Komentar senada juga disampaikan oleh sejumlah warga lainnya lewat media sosial.

"Ini memalukan," kata warga tersebut.

Downey angkat bicara mengenai komentar sejumlah masyarakat yang mengkritik patung Melania tersebut.

Baginya, karya tersebut terlihat sangat indah.

"Aku mengerti mengapa orang-orang berpikir patung tersebut tidak sesuai dengan penampilan fisik tokoh sebenarnya. Namun bagiku produk itu benar-benar cantik," kata Downey kepada AFP.

Belum jelas apakah Melania sudah melihat patung tersebut sehingga dia tentu belum berkomentar atas pro-kontra yang terjadi di masyarakat. Tapi, dunia seharusnya sudah mengantisipasi apapun responsnya.

Bagaimana menurutmu soal ukiran patung kayu Melania ini?


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber elle.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com