7 Sahabat Ini Beli Rumah untuk Pensiun Bersama

Kompas.com - 08/07/2019, 12:00 WIB
Rumah di pinggiran Kota Guangzhou, Provinsi Guangdong Tenggara, Tiongkok, yang dibeli oleh tujuh sahabat untuk menghabiskan hari tua. IstimewaRumah di pinggiran Kota Guangzhou, Provinsi Guangdong Tenggara, Tiongkok, yang dibeli oleh tujuh sahabat untuk menghabiskan hari tua.

KOMPAS.com - Ketika memasuki usia dewasa, berkumpul kembali dengan sahabat lama rasanya sangat sulit karena masing-masing sibuk. Akhirnya, ngumpul bareng pun kerap hanya menjadi "wacana".

Ketika rencana ngumpul bareng tersebut sulit direalisasikan bagi sejumlah orang, tujuh orang sahabat asal Tiongkok ini tak mengalaminya.

Mereka bahkan mengeluarkan uang sekitar Rp 8,1 M untuk rumah yang kelak akan mereka tempati bersama.

Tujuh sahabat itu awalnya melihat-lihat properti di pinggiran Kota Guangzhou, Provinsi Guangdong Tenggara dan menemukan satu rumah. Setelah itu, pada 2018 mereka memutuskan untuk menjadikan rumah itu sebagai rumah pensiun mereka kelak.

Rumah tiga lantai yang berada di sebelah sawah itu memiliki jendela-jendela kaca besar yang terbentang dari lantai ke langit-langit, paviliun teh, dapur terbuka besar, hingga kolam renang.

Menurut laporan media Tiongkok, Yitiao, rumah seluas 7,535 kaki persegi itu terletak di desa kuno yang jauh dari pusat kota dan memiliki kamar tidur pribadi untuk setiap orang. Tentunya, kondisi tersebut sangat cocok untuk menghabiskan hari-hari tua.

Baca juga: Pensiun Bukan Masa untuk Santai, Mengapa?

Tujuh sahabat ini telah mengenal satu sama lain selama 20 tahun. Tinggal bersama bukanlah keputusan baru. Ide tersebut telah mereka sepakati sejak 2008 lalu.

Kini usia mereka sudah memasuki 30an tahun. Selain membeli rumah bersama, mereka juga menentukan apa saja yang harus ada di rumah tersebut. Termasuk paviliun teh di tengah sawah yang rencannya akan dihubungkan dengan jalan pijakan dari bambu, karena mereka semua merupakan pencinta teh.

"Awalnya ini cuma bercanda. Obrolan kami saat itu adalah hidup bersama ketika usia kami mencapai 60 tahun dan sudah pensiun," kata salah satu dari tujuh sahabat itu, Jin Du.

Jin Du mengatakan, saat itu mereka juga berkhayal ingin memasak dan barbeque bersama di sawah, menyanyi dan mengumpulkan makanan dari desa.

Untuk memaksimalkan efisiensi pemeliharaan rumah, mereka bahkan sepakat akan membekali diri mereka masing-masing skill yang akan berguna untuk bersama.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X