Ingin Stres Cepat Reda? Cukup Cuci Muka dengan Air Dingin

Kompas.com - 09/07/2019, 13:24 WIB
Ilustrasi mencuci muka shutterstockIlustrasi mencuci muka

KOMPAS.com - Kamu mungkin sering melihat adegan di film ketika seseorang membilas wajahnya ketika dalam situasi penuh tekanan dan tindakan itu seolah membuat mereka lebih tenang.

Trik tersebut ternyata memang bisa kita gunakan ketika dilanda stres, kecemasan atau membutuhkan suntikan semangat yang segera.

Memercikkan sedikit air dingin ke wajah memang memiliki sejumlah manfaat, loh.

Kondisi itu disebut "mammalian diving reflex" atau rangkaian respons fisiologis ketika masuk ke dalam air dingin.

Ketika tubuh terpapar air dingin, denyut jantung akan melambat, darah akan dialirkan ke inti kita untuk melindungi organ-organ tubuh penting dan sejumlah mekanisme penyimpanan energi untuk mengantisipasi periode di dalam air.

Namun, ketika kita tidak melakukan penyelaman tiba-tiba, namun terkena air dingin, manfaat yang dirasakan adalah efek menenangkan tanpa risiko kehabisan udara.

Namun, membasahi tubuh dengan air dingin saja tidaklah cukup untuk membangkitkan respons tersebut. Menyelupkan kaki ke dalam ember berisi es batu atau mencuci tangan dengan air dingin di kamar mandi juga tidak membangkitkannya.

Refleks tersebut justru akan terpicu jika air dingin dikenakan ke wajah dan memasuki lubang hidung kita sambil kita menahan nafas.

Jadi, untuk mendapatkan manfaat tersebut, lakukan tahapan ini:

1. Alirkan air dingin.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Lifesavvy
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X