Inspirasi Andien dalam Busana Pernikahan Rancangan Didiet Maulana

Kompas.com - 09/07/2019, 14:40 WIB
Koleksi Satvika, rancangan Andien X Didiet Maulana didiet maulanaKoleksi Satvika, rancangan Andien X Didiet Maulana
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam mempersiapkan proses pernikahan pasti dibutuhkan berbagai kebutuhan, salah satunya adalah baju pengantin.

Walau hanya dipakai sekali, namun baju pengantin akan menjadi bagian dari sejarah yang tak terlupakan, sehingga patut mendapat perhatian khusus.

Nah, siapa sangka penyanyi Andien Aisyah termasuk yang menaruh perhatian pada gaun pengantin itu.

Ketertarikannya pada gaun pengantin membuat Andien berkolaborasi dengan Didiet Maulana dalam Bride Story Market 2019.

Andien dan Didiet Maulanadidiet maulana Andien dan Didiet Maulana
Rancangan Didiet hadir dengan label ‘Satvika’ yang merupakan hasil kolaborasi Svarna dengan Didiet Maulana sebagai desainer, Andien sebagai persona atau inspirator, dan Galuh sebagai Makeup Artist.

Koleksi SatvikaDidiet Maulana Koleksi Satvika
Nama Satvika sendiri diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti pureness atau murni. Visi ini dimaksudkan agar calon mempelai menemukan dirinya sendiri melalui gaun pengantin yang akan dirancang oleh Andien dan Didiet.

“Kita percaya bahwa di hari pernikahan itu seseorang berada dalam the highest of their pureness, dalam arti hari pernikahan itu orang tidak mau menjadi siapa-siapa kecuali dirinya sendiri,” papar Andien saat pameran pernikahan Bridestory Market di ICE BSD, Kamis 4 Juli 2019.

Adapun aksen yang dibawa dalam rancangan ini merupakan ciri khas budaya Indonesia dengan pemahaman yang benar soal fungsi dan makna kain yang digunakan.

"Kita menyelami dan melakukan riset terlebih dahulu sebelum menghadirkan rancangan ini. Apalagi ketika wedding bergaya tradisional, ada aturan-aturan yang harus dipatuhi, misalnya gaya Jawa harus bisa milih kain yang tepat untuk pertunangan atau malam midodareni,” ujar Didiet Maulana.

Koleksi Satvikadidiet maulana Koleksi Satvika
"Perkawinan tradisional akan selalu mengikuti pakem adat, sehingga ini menjadi satu value menarik untuk memperkenalkan budaya kepada kaum muda", kata Didiet yang adalah creative director Svarna by IKAT Indonesia.

Beberapa rancangan yang dimunculkan merupakan inspirasi dari busana Indonesia, misalnya baju bodo yang bisa dipakai saat pertunangan atau malam sebelum pernikahan.

Ada juga inspirasi dari gaya pengantin Sumatera, dengan warna gold karena menurutnya Sumatera dikenal sebagai swarnadwipa atau pulau yang penuh dengan emas.

Selain itu Didiet juga memadukan gaya peranakan Tionghoa dengan songket Palembang, serta gaya Bali lengkap dengan selendangnya.

Uniknya, setiap busana memiliki karya foto dan dibuat video clip dengan senandung merdu Andien membawakan lagu Gemintang, Kasih Putih, Unforgettable, dan Because You Love Me. Keren ya... (Nishya Gavrila)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X