Kompas.com - 09/07/2019, 15:07 WIB
Ilustrasi menyusui bayi kembar Shutterstock.comIlustrasi menyusui bayi kembar

KOMPAS.com – Keresahan soal kecukupan Air Susu Ibu (ASI) biasanya menghinggapi ibu yang baru menjalani persalinan.

ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi yang bisa didapatkan dari tubuh sang ibu. Kandungan yang ada di dalamnya bahkan tidak dapat dikalahkan oleh produk makanan apa pun.

Akan tetapi, tak semua ibu lancar menjalani proses menyusui. Hal ini kemudian bisa menjadi momok bagi para baru, tak terkecuali yang dikaruniai anak kembar.

Beragam pertanyaan pasti terlintas di benak sang ibu apakah dia bisa memberikan ASI secara maksimal untuk buah hati kembarnya.

Baca juga: Ibu Menyusui Wajib Perhatikan Asupan Nutrisi

Wakil Ketua Umum Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Farahdibha Tenrilemba menjelaskan, ada beberapa hal yang perlu diketahui para ibu dalam menyusui bayinya.

Berikut 4 hal yang perlu Anda ketahui, tak hanya untuk ibu menyusui, tetapi juga orang-orang di sekitarnya yang turut menentukan keberhasilan menyusui:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. ASI pasti cukup

Para ibu tidak perlu khawatir apakah produksi ASI-nya cukup untuk membuat anak-anak kembarnya mendapatkan asupan terbaik.

Farahdibha, yang biasa disapa Dibha, mengatakan, hal ini karena banyak sedikitnya ASI akan berkorelasi positif dengan sering tidaknya si ibu menyusui anaknya.

“ASI itu cara bekerjanya adalah semakin sering dikeluarkan, semakin banyak produksinya,” kata Dibha saat dihubungi Kompas.com, Selasa (9/7/2019) pagi.

Baca juga: Sudah Lengkapkah Peralatan Menyusui Ibu Sebelum Kembali ke Kantor?

Jadi, lanjut dia, berapa pun kebutuhannya, ASI akan selalu terpenuhi jika ibu selalu menyusukan ASI-nya kepada sang anak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.