Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/07/2019, 07:22 WIB
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini ajakan untuk lebih peduli lingkungan dilakukan lewat berbagai cara. Tak terkecuali lewat fesyen dan karya seni.

Seperti Instalasi Nur Project dalam program Fashion Habitat yang bisa kita temui di Fashionlink x #BLCKVNUE, Senayan City, Jakarta.

Menggandeng desainer interior muda, Hendro Hadinata, pengunjung dapat menyaksikan instalasi tiga satwa langka Indonesia yang dipajang di area tersebut.

Tiga satwa langka tersebut adalah Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus), Harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) dan Hiu paus (Rhincodon typus).

Instalasi yang diproduksi selama tiga bulan ini diharapkan mampu menggugah agar masyarakat punya kesadaran yang lebih tinggi lagi terhadap lingkungan dan juga satwa langka di sekitar.

"Saatnya desainer Indonesia membuat kreasi yang bisa menggugah, membuat masyarakat lebih ingin tahu," kata Hendro di Senayan City, Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Instalasi Harimau Sumatera karya desainer interior Hendro Hadinata yang dipajang di area Fashionlink x #Blckvnue, Senayan City, Jakarta. KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Instalasi Harimau Sumatera karya desainer interior Hendro Hadinata yang dipajang di area Fashionlink x #Blckvnue, Senayan City, Jakarta.
Material utama instalasi adalah plywood dengan konstruksi dari besi hollow. Hendro sengaja secara spesifik meminta bahan tersebut agar disiapkan oleh Savana Furniture, produsen high end furniture-upholstery yang mewujudkan program ini.

Alasannya, plywood dianggap sebagai material yang cukup ramah lingkungan jika dibandingkan solidwood.

"Kami berpikir gimana supaya bentuk tetap dapat, tapi penggunaan bahannya maksimal, jangan terlalu banyak waste," kata Hendro.

Pada bagian cover instalasi Badak Jawa, Hendro memang masih menggunakan kulit sintetik untuk mendapatkan feel dari binatang itu sendiri.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.