Apakah Minuman Protein Kolagen Efektif Cegah Penuaan Kulit?

Kompas.com - 10/07/2019, 13:10 WIB
Ilustrasi.Thinkstock Ilustrasi.

KOMPAS.com - Influencer kesehatan dan kebugaran belakangan ini sedang kepincut kolagen. Mereka juga berbagi tips konsumsi kolagen bubuk, selain mencampurkannya ke dalam berbagai makanan dan minuman.

Kolagen memang bahan yang penting dalam kulit untuk membantu mempertahankan elastisitas. Kulit yang kadar kolagennya tinggi terlihat lebih kenyal dan halus.

Selain itu kolagen juga berguna untuk melindungi tulang, persendian dan organ tubuh lainnya.

Salah satu cara termudah dan diklaim efektif untuk mengonsumsi kolagen adalah melalui peptida kolagen terhidrolisis dalam bentuk bubuk.
Hidrolisis berarti asam amino dalam kolagen telah dipecah, sehingga mudah dicerna tubuh.

Meskipun konsumsi bubuk kolagen tidak menjamin akan sampai ke bagian tubuh yang dikehendaki, seperti halnya kita tak bisa menargetkan lemak perut dengan latihan tertentu, tubuh akan mengirim kolagen ke tempat yang memang paling membutuhkan.

Baca juga: Halle Berry Pilih Sup Kaldu Tulang untuk Sumber Kolagen

Berkurang seiring usia

Kolagen merupakan protein paling melimpah di tubuh manusia. Tetapi seiring bertambahnya usia kadarnya secara alami akan menipis.

Pasokan yang sedikit ini dapat menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya, yang berkontribusi pada timbulnya kerutan, garis-garis halus, kekeringan, dan kulit kendur.

Perlu di ingat, tidak ada ramuan ajaib yang akan menghentikan atau membalikkan penuaan kulit. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen kolagen dapat secara signifikan meningkatkan penampilan kulit dan mendukung elastisitas kulit.

Seperti halnya kulit, kolagen juga memiliki peran penting dalam kesehatan sendi. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi kolagen secara teratur dapat memperbaiki gejala osteoartritis dan membantu meringankan sendi yang bengkak dan lunak yang di sebabkan oleh rheumatoid arthritis.

Kolagen juga telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan pencernaan orang dengan penyakit radang usus. Konsumsi teratur juga mengurangi keparahan selulit pada wanita.

Kolagen bubuk dapat di tambahkan ke minuman panas atau dingin. Kita juga bisa membuat protein kolagen shake dengan cara memblender bubuk kolagen, pisang, secangkir susu, yogurt, dan es batu. (Rahayu Kurnia Kinasih)

Baca juga: Seberapa Efektif Suplemen Kolagen Membuat Awet Muda?

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X