Chua Kotak Kenalkan Anak pada Musik Sejak dalam Kandungan

Kompas.com - 10/07/2019, 18:38 WIB
Bassist grup musik Kotak, Chua, bersama anak sulungnya, Raja Sakha pada acara talkshow Play and Grow with ELC Musical Toys di Pacific Place, Jakarta Selatan, Rabu (10/7/2019).  KOMPAS.com/Nabilla TashandraBassist grup musik Kotak, Chua, bersama anak sulungnya, Raja Sakha pada acara talkshow Play and Grow with ELC Musical Toys di Pacific Place, Jakarta Selatan, Rabu (10/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orangtua mulai mengenalkan musik pada anaknya sejak dini. Apalagi, musik telah terbukti memberi dampak positif terhadap tumbuh kembang anak.

Begitu pula dengan pemain Bass grup band Kotak, Chua, yang sudah nengenalkan musik kepada dua anaknya sejak kecil. Bahkan, anak keduanya yang kini baru menginjak usia 3 bulan sudah dikenalkan pada musik sejak dalam kandungan.

Ketika hamil anak keduanya, Shakilla, Chua bahkan masih manggung hingga usia kandungan mencapai delapan bulan.

Bagi Chua, manggung dengan perut 'gendut' karena hamil memberi pengalaman tersendiri. Terutama, karena ia bisa lebih kreatif dalam mengambil foto kehamilan. Seperti di atas panggung atau di daerah tempatnya manggung.

Baca juga: Kapan Usia Terbaik Mengenalkan Anak dengan Musik?

"Dari dulu ngebayangin gimana kalau perut gede lagi hamil pegang bass. (Saat hamil) manggung perutnya goyang-goyang," kata Chua seusai talkshow Play and Grow with ELC Musical Toys di Pacific Place, Jakarta Selatan, Rabu (10/7/2019).

Sementara anak sulungnya, Raja Sakha, baru diperkenalkan dengan musik memasuki usia 6 bulan. Saat itu, Chua mengajak Raja check sound sebelum ia manggung.

Di sana lah Raja mulai mengenal rekan-rekan Chua yang ada di balik setiap alat musik. Apalagi, ia juga kerap menyaksikan ulang tayangan konsernya lewat video.

"Kalau di rumah lagi nonton tayangan ulang konser, suka lihat Om Cella main gitar, Bunda Tantri nyanyi," kata istri Firmansyah Mahidin Putra itu.

Baca juga: Sejauh Mana Musik Klasik Bikin Anak Kreatif?

Sering menyaksikan aksi ibunya di atas panggung juga membuat Raja senang bermain gitar.

"Kalau untuk alat musik Raja suka gitar karena sering lihat Cella. Menurut dia gitar keren," tutur perempuan dengan nama lengkap Swasti Sabdastantri itu.

Bagi Chua, musik memang bisa menjadi media untuk semakin mendekatkan diri dengan anak. Misalnya, ketika Raja sedang kesal, Chua akan mengajaknya main gitar sambil bernyanyi.

Ketika sedang merasa senang, Raja bahkan senang berdendang sambil bermain.

"Memang musik adalah pengekspresian diri paling jelas untuk anak-anak," katanya.

Baca juga: Apa Jenis Musik Cocok Digunakan Sebagai Pengantar Tidur?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X