Cukupkah Aktivitas Fisik Harian Tanpa Olahraga?

Kompas.com - 11/07/2019, 10:59 WIB
Ilustrasi olahraga lari UberImagesIlustrasi olahraga lari
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaya hidup sehat memang sedang tren di kalangan warga kota besar belakangan ini. Tetapi beberapa orang masih setengah-setengah melakukannya.

Banyak orang misalnya, berolahraga rutin 3-4 kali seminggu, namun tidak diimbangi dengan pola makan yang benar dan pikiran yang tenang.

Ada juga mereka yang tidak menyempatkan waktu berolahraga karena merasa sudah cukup melakukan aktivitas fisik seperti jalan kaki ketika mencari makan siang.

Meskipun aktivitas fisik sehari-hari seperti mencuci mobil, membersihkan rumah, atau berkebun itu sangat baik, namun ada manfaat lebih yang bisa didapatkan jika seseorang mau berolahraga.

“Olahraga itu patokannya adalah adanya peningkatan denyut jantung atau heart rate yang berarti tubuh kita sudah bekerja lebih daripada kegiatan kita sehari-hari,” kata Dr Sophia Hage, spKO dalam acara bincang kesehatan bersama Fits.id, Rabu (10/7/2019).

Baca juga: 20 Cara Mudah Lebih Aktif Bergerak Selama di Kantor

Dr. Sophia Hage, spKONia Kinassh Dr. Sophia Hage, spKO
Ia menerangkan bahwa olahraga jangan hanya dilakukan kalau sempat saja, melainkan dijadikan sebagai gaya hidup.

Menurutnya seseorang membutuhkan olahraga minimal 150 menit dalam satu minggu, seperti melakukan aerobik, lari, berenang, menari, bersepeda, atau latihan kardio.

Bagaimana bila kita tidak terbiasa berolahraga?

“Bagi pemula, jangan memaksakan diri dulu. Biasakan olahraga 20 sampai 30 menit sehari selama 3 atau 5 hari seminggu sesuai kemampuan, baru habis itu tingkatkan lagi durasinya. Yang paling penting tentukan waktunya sesuai kegiatan sehari-hari,” ujar Dr Sophia.

Baca juga: 5 Tips Sukses Memulai Olahraga Rutin

Selain kegiatan olahraga kardio seperti yang disebutkan di atas, Dr Sophia juga menyarankan agar kita melakukan latihan kekuatan otot.

Latihan ini tidak harus dilakukan dengan beban berat atau menjadi anggota gym. Kita bisa mengakalinya dengan berat tubuh sendiri atau kalistenik.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X