Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandai Bermain Musik Bikin Anak Lebih Cerdas, Benarkah?

Kompas.com - 11/07/2019, 11:45 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kita mungkin melihat banyak tokoh-tokoh terkenal yang pandai bermain musik dan sekaligus memiliki capaian gemilang di bidang akademik.

Salah satu figur anak muda yang punya prestasi di bidang musik dan juga akademik, misalnya Maudy Ayunda, yang beberapa waktu lalu ramai diperbincangkan karena diterima menjadi mahasiswa S2 di Universitas Stanford atau Harvard sekaligus.

Lalu, bagi anak-anak, apakah kemampuan musik berpengaruh terhadap prestasi akademik?

Psikolog keluarga sekaligus pendiri Rumah Dandelion, Nadya Pramesrani membenarkan jika banyak tokoh yang memiliki intelejensi ganda (multiple intelligence), misalnya di bidang akademik dan musikal.

Namun menurut Nadya, kemampuan bermusik anak sebetulnya tak berkaitan langsung dengan kecerdasannya.

"Tidak secara langsung anak yang pintar bermain musik akan pintar secara IQ," kata Nadya pada acara talkshow Play and Grow with ELC Musical Toys di Pacific Place, Jakarta Selatan, Rabu (10/7/2019).

Baca juga: Kapan Usia Terbaik Mengenalkan Anak dengan Musik?

Marketing Manager ELC Indonesia Abi Shihab, Psikolog keluarga sekaligus pendiri Rumah Dandelion, Nadya Pramesrani dan Celebrity Mom Chua Kotak pada talkshow Play and Grow with ELC Musical Toys di Pacific Place, Jakarta Selatan, Rabu (10/7/2019).KOMPAS.com/Nabila Tashandra Marketing Manager ELC Indonesia Abi Shihab, Psikolog keluarga sekaligus pendiri Rumah Dandelion, Nadya Pramesrani dan Celebrity Mom Chua Kotak pada talkshow Play and Grow with ELC Musical Toys di Pacific Place, Jakarta Selatan, Rabu (10/7/2019).
Namun, ia menjelaskan, musik membantu anak lebih konsentrasi dan lebih mampu memusatkan perhatian terhadap satu hal. Sehingga, kemampuan tersebut biasanya juga akan membuat fokus anak terhadap pelajaran jauh lebih baik.

Ketika anak bisa dengan mudah menangkap pelajaran, pada situasi tersebut kecerdasan anak juga meningkat.

"Itu yang berdampak pada IQ-nya. Memang tidak secara langsung tapi bisa berhubungan," tuturnya.

Dalam mengenalkan musik pada anak, orangtua sebaiknya tak memaksakan pada satu alat musik saja. Menurut Nadya, seorang anak membutuhkan eksplorasi sehingga sebaiknya diperkenalkan dengan sebanyak-banyaknya alat musik.

Baca juga: Ingin Belajar Musik, Lebih Penting Bakat atau Minat Anak?

Jika orangtua tak punya kemampuan untuk melatih sendiri, memasukkan anak ke sekolah musik bisa jadi pilihan. Dari sana anak juga bisa lebih luas dalam mengenal dan mengeksplorasi alat musik.

"Eksplor seluas-luasnya. Jangan terlalu dibatasi pada satu atau dua alat musik saja," ucap Nadya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com