Pandai Bermain Musik Bikin Anak Lebih Cerdas, Benarkah?

Kompas.com - 11/07/2019, 11:45 WIB
Ilustrasi anak bermain musik DragonImagesIlustrasi anak bermain musik
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Kita mungkin melihat banyak tokoh-tokoh terkenal yang pandai bermain musik dan sekaligus memiliki capaian gemilang di bidang akademik.

Salah satu figur anak muda yang punya prestasi di bidang musik dan juga akademik, misalnya Maudy Ayunda, yang beberapa waktu lalu ramai diperbincangkan karena diterima menjadi mahasiswa S2 di Universitas Stanford atau Harvard sekaligus.

Lalu, bagi anak-anak, apakah kemampuan musik berpengaruh terhadap prestasi akademik?

Psikolog keluarga sekaligus pendiri Rumah Dandelion, Nadya Pramesrani membenarkan jika banyak tokoh yang memiliki intelejensi ganda (multiple intelligence), misalnya di bidang akademik dan musikal.

Namun menurut Nadya, kemampuan bermusik anak sebetulnya tak berkaitan langsung dengan kecerdasannya.

"Tidak secara langsung anak yang pintar bermain musik akan pintar secara IQ," kata Nadya pada acara talkshow Play and Grow with ELC Musical Toys di Pacific Place, Jakarta Selatan, Rabu (10/7/2019).

Baca juga: Kapan Usia Terbaik Mengenalkan Anak dengan Musik?

Marketing Manager ELC Indonesia Abi Shihab, Psikolog keluarga sekaligus pendiri Rumah Dandelion, Nadya Pramesrani dan Celebrity Mom Chua Kotak pada talkshow Play and Grow with ELC Musical Toys di Pacific Place, Jakarta Selatan, Rabu (10/7/2019).KOMPAS.com/Nabila Tashandra Marketing Manager ELC Indonesia Abi Shihab, Psikolog keluarga sekaligus pendiri Rumah Dandelion, Nadya Pramesrani dan Celebrity Mom Chua Kotak pada talkshow Play and Grow with ELC Musical Toys di Pacific Place, Jakarta Selatan, Rabu (10/7/2019).
Namun, ia menjelaskan, musik membantu anak lebih konsentrasi dan lebih mampu memusatkan perhatian terhadap satu hal. Sehingga, kemampuan tersebut biasanya juga akan membuat fokus anak terhadap pelajaran jauh lebih baik.

Ketika anak bisa dengan mudah menangkap pelajaran, pada situasi tersebut kecerdasan anak juga meningkat.

"Itu yang berdampak pada IQ-nya. Memang tidak secara langsung tapi bisa berhubungan," tuturnya.

Dalam mengenalkan musik pada anak, orangtua sebaiknya tak memaksakan pada satu alat musik saja. Menurut Nadya, seorang anak membutuhkan eksplorasi sehingga sebaiknya diperkenalkan dengan sebanyak-banyaknya alat musik.

Baca juga: Ingin Belajar Musik, Lebih Penting Bakat atau Minat Anak?

Jika orangtua tak punya kemampuan untuk melatih sendiri, memasukkan anak ke sekolah musik bisa jadi pilihan. Dari sana anak juga bisa lebih luas dalam mengenal dan mengeksplorasi alat musik.

"Eksplor seluas-luasnya. Jangan terlalu dibatasi pada satu atau dua alat musik saja," ucap Nadya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X