Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/07/2019, 22:12 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

KOMPAS.com - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredakan stres, salah satunya dengan ngemil. Bahkan beberapa jenis camilan terbukti bisa menurunkan level stres.

Dari hasil survei yang dilakukan oleh Calbee Wings dan Jakpat terhadap responden yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, sebanyak 51.33% orang Indonesia mengaku suka menikmati snack saat sedang belajar, bekerja, atu melakukan aktivitas lainnya.

Sedangkan 50.95% orang Indonesia mengaku menikmati snack untuk membuat mood mereka lebih baik.

Menurut Psikolog, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi, kebiasaan menikmati snack sudah menjadi bagian dari kehidupan orang Indonesia, terutama anak muda, karena merupakan salah satu cara efektif untuk melepas penat.

“Anak muda berusia 18-25 cenderung tinggi tingkat stresnya, karena di usia itu mereka kan banyak tuntutan, bahkan sebagian mulai menghadapi peran baru. Nah snacking bisa jadi salah satu cara untuk meredakan stres, baik itu karena sensasi mengunyah ataupun karena fungsi sosialnya,” ujar Vera saat ditemui usai acara peluncuran Japota, Keripik Kentang Rasa Umami Japanese Seaweed dan Happy Honey Butter di Kantorkuu Coworking & Office Space, Jakarta (11/7/2019).  

Baca juga: Membatasi Ngemil Bikin Kalap Saat Makan?

“Fungsi sosial misalnya, ngemil sembari ngobrol dengan teman, biasanya ini jadi cara ampuh untuk mengeluarkan berbagai pikiran yang ada di kepala. Setidaknya ini membuat beban terasa berkurang,” lanjutnya.

Meski demikian, Vera mengatakan, karakter anak-anak generasi milenial sangat memerhatikan keseimbangan hidup dan kesehatan diri.

Sehingga, mereka mampu mengontrol diri, agar kebiasaan mereka menikmati snack tidak mengganggu kesehatan.

“Dibandingkan generasi sebelumnya, generasi milenial cenderung lebih memerhatikan self wellness-nya."

"Mereka sangat concern dengan berapa banyak mereka makan dan berapa lama harus berolahraga untuk membuang kalori. Mereka juga sangat memerhatikan work life balance-nya,” kata Vera.

Senada dengan Vera, influencer Patricia Gouw yang juga termasuk generasi milenial, mengaku sebagai pecinta camilan, ia tetap memerhatikan kesehatan diri.

“Gue sangat suka ngemil. Buat gue snacking itu meskipun simple, bisa bikin kita merasa lebih happy. Tapi bukan berarti gue ngemil setiap saat tanpa henti. Gue ngemil di waktu tertentu dan menyadari apapun yang berlebihan hasilnya enggak baik,” ujar Patricia.

Baca juga: Ngemil di Kantor Gampang Bikin Gemuk, Simak Penjelasannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com