Ngemil Bisa Jadi Cara Efektif Redakan Stres

Kompas.com - 11/07/2019, 22:12 WIB
ilustrasi makan bersama teman Dok. Go-Jekilustrasi makan bersama teman

KOMPAS.com - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredakan stres, salah satunya dengan ngemil. Bahkan beberapa jenis camilan terbukti bisa menurunkan level stres.

Dari hasil survei yang dilakukan oleh Calbee Wings dan Jakpat terhadap responden yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, sebanyak 51.33% orang Indonesia mengaku suka menikmati snack saat sedang belajar, bekerja, atu melakukan aktivitas lainnya.

Sedangkan 50.95% orang Indonesia mengaku menikmati snack untuk membuat mood mereka lebih baik.

Menurut Psikolog, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi, kebiasaan menikmati snack sudah menjadi bagian dari kehidupan orang Indonesia, terutama anak muda, karena merupakan salah satu cara efektif untuk melepas penat.

“Anak muda berusia 18-25 cenderung tinggi tingkat stresnya, karena di usia itu mereka kan banyak tuntutan, bahkan sebagian mulai menghadapi peran baru. Nah snacking bisa jadi salah satu cara untuk meredakan stres, baik itu karena sensasi mengunyah ataupun karena fungsi sosialnya,” ujar Vera saat ditemui usai acara peluncuran Japota, Keripik Kentang Rasa Umami Japanese Seaweed dan Happy Honey Butter di Kantorkuu Coworking & Office Space, Jakarta (11/7/2019).  

Baca juga: Membatasi Ngemil Bikin Kalap Saat Makan?

“Fungsi sosial misalnya, ngemil sembari ngobrol dengan teman, biasanya ini jadi cara ampuh untuk mengeluarkan berbagai pikiran yang ada di kepala. Setidaknya ini membuat beban terasa berkurang,” lanjutnya.

Meski demikian, Vera mengatakan, karakter anak-anak generasi milenial sangat memerhatikan keseimbangan hidup dan kesehatan diri.

Sehingga, mereka mampu mengontrol diri, agar kebiasaan mereka menikmati snack tidak mengganggu kesehatan.

“Dibandingkan generasi sebelumnya, generasi milenial cenderung lebih memerhatikan self wellness-nya."

"Mereka sangat concern dengan berapa banyak mereka makan dan berapa lama harus berolahraga untuk membuang kalori. Mereka juga sangat memerhatikan work life balance-nya,” kata Vera.

Senada dengan Vera, influencer Patricia Gouw yang juga termasuk generasi milenial, mengaku sebagai pecinta camilan, ia tetap memerhatikan kesehatan diri.

“Gue sangat suka ngemil. Buat gue snacking itu meskipun simple, bisa bikin kita merasa lebih happy. Tapi bukan berarti gue ngemil setiap saat tanpa henti. Gue ngemil di waktu tertentu dan menyadari apapun yang berlebihan hasilnya enggak baik,” ujar Patricia.

Baca juga: Ngemil di Kantor Gampang Bikin Gemuk, Simak Penjelasannya

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X