Kompas.com - 13/07/2019, 05:05 WIB
Ilustrasi kopi papua KOMPAS.com/Muhammad Irzal AdiakurniaIlustrasi kopi papua
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak ragam faktor yang menentukan rasa kopi tetap terjaga, satu di antaranya cara penyimpanan.

Sekilas, cara penyimpanan mungkin terlihat sepele, namun justru memiliki peran pentingselain proses dari panen, roasting mau pun penyeduhanuntuk memberikan rasa kopi berkualitas.

Coffee trainer Excelso Iwan Kurniansyah mengungkapkan setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait cara penyimpanan kopi.

Pertama, hindari kopi dari tempat terbuka. Jika kopi terpapar oksigen, maka berisiko mengalamai oksidasi dan mengurangi kesegaran.

"Kalau ditaruh di luar, istilahnya (kopi) akan 'basi' atau masuk angin," ujar Iwan saat acara Excelso dan RedDoorz, Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Apalagi, kian halus kopi digiling, makin menyerap oksigen. Akibatnya, jika ditaruh di ruang terbuka, maka kualitas kopi ketika diminum pun menurun. 

Kedua, kopi memiliki tingkat sensitivitas tinggi, terutama soal bau. Kopi bisa menyerap bau di sekitar, sehingga pastikan agar tidak mendekatkan kopi dengan aroma-aroma tajam. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pastikan tempat penyimpanan tertutup rapat, sehingga tidak masuk aroma tajam yang lain," katanya.

Ketiga, jika ingin menyimpan di kulkas, menurut Iwan tak masalah. Hal ini bisa dilakukan selama kopi di dalam tetap kering, tidak lembap yang mengakibatkan kopi rusak.

"Simpan kopi di tempat sejuk dan dingin. Tempatkan kopi di wadah kedap udara," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.