Kompas.com - 16/07/2019, 07:19 WIB
Chanel dalam ajang Paris Fashion Week Chanel dalam ajang Paris Fashion Week
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Rumah mode mewah asal Prancis, Chanel, kini lebih peka terhadap keragaman dan inklusi, sehingga membuat divisi baru untuk kedua segmen tersebut.

Dilansir dari Hollywood Reporter, Fiona Parteger, mantan kepala keragaman dan inklusi bank Swiss UBS didapuk menjadi pucuk pimpinan divisi anyar Chanel tersebut. Fiona diharapkan dapat mengembangkan kedua hal tersebut di Chanel.

Sebelumnya, menurut Chanel, keragaman dan inklusi berada dalam fungsi People and Organisation. Kini, dua hal tersebut berada di garis depan untuk lebih dikembangkan.

Langkah ini menyusul gelombang tren rumah mode mewah lain seperti Prada, Gucci dan Burberry yang turut serta mengembangkan segmen tersebut.

Hal ini lantaran beberapa kali rumah mode tersebut mendapatkan reaksi karena produk dan kampanye yang dianggap rasis.

Pada bulan Februari, misalnya, Prada memperkenalkan Dewan Keragaman dan Inklusi, yang diketuai bersama oleh pembuat film Ava DuVernay dan artis Theaster Gates. Hal ini dilakukan tepat setelah merilis gantungan kunci "wajah hitam".

Kemudian, pada bulan Februari, Burberry meluncurkan inisiatif keragaman (termasuk pelatihan karyawan dan dewan penasihat) setelah merilis "noose hoodie" pada fashion show musim gugur 2019.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu pada bulan Maret, Gucci mengumumkan program Gucci Changemakers yang didedikasikan untuk keragaman, setelah sweater balaclava "blackface" ditarik dari toko.

Kemudian pada November 2018, merek fashion mewah Italia Dolce & Gabbana mengalami kerugian finansial setelah merilis seri video pemasaran di Instagram dan YouTube.

Video berjudul "Eating With Chopsticks" itu menunjukkan seorang model Asia berusaha memakan makanan Italia dengan sumpit, diikuti oleh komentar ofensif rasial oleh desainer Stefano Gabbana di Instagram. Iklan ditarik dan permintaan maaf dikeluarkan oleh perusahaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.