6 Fakta Seputar Gula, dari Jenis hingga Batas Konsumsinya

Kompas.com - 17/07/2019, 07:10 WIB
Ilustrasi gula pasir.shutterstock Ilustrasi gula pasir.

KOMPAS.com - Gula salah satu penambah kenikmatan, baik makanan maupun minuman. Akan tetapi, menjaga tubuh agar konsumsi gula pada batas aman penting untuk diperhatikan.

Jumlah gula yang berlebihan dalam tubuh akan berakibat tak baik, karena dapat memunculkan berbagai penyakit, misalnya diabetes.

Apa saja sih yang perlu diketahui seputar gula? Setidaknya, ada 6 fakta yang perlu Anda tahu. Berikut 6 fakta itu dirangkum dari sejumlah pemberitaan Kompas.com:

1. Gula sederhana

Gula sebenarnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu gula sederhana dan gula kompleks.

Gula sederhana sering disebut karbohidrat sederhana yang hanya terdiri dari satu monosakarida atau dua molekul gula (disakarida). Nah, gula jenis ini cepat dicerna.

Saat gula sederhana masuk aliran darah, secara otomatis akan meningkatkan kadar gula darah secara signifikan dengan cepat.

Peningkatan gula darah yang tinggi dalam tubuh ini perlu diseimbangkan dengan produksi hormol insulin.

Dengan demikian, ketika tingkat gula tinggi, maka tubuh memerlukan hormon insulin dalam jumlah yang besar pula.

Kemampuan metabolisme gula pada tubuh orang yang sehat biasanya dapat berjalan dengan baik.

Akan tetapi, konsumsi gula tetap harus diatur karena jika terlalu kerap mengonsumsi gula tetap dapat meningkatkan risiko mengalami resistensi insulin.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X