Olahraga yang Dianjurkan untuk Pasien Kanker

Kompas.com - 17/07/2019, 10:39 WIB
Ilustrasi olahraga shutterstockIlustrasi olahraga

KOMPAS.com - Mereka yang telah didiagnosis menderita kanker mungkin akan merasa sulit untuk berolahraga. Itu hal yang wajar. Saat dalam kondisi sehat pun, kesibukan kerap menyita waktu kita sehingga tak sempat berolahraga.

Walau olahraga mungkin tak jadi prioritas pasien kanker, namun perawat kanker Josette Synder mengatakan, menjaga aktivitas fisik sangat penting.

Banyak penelitian menunjukkan aktivitas fisik secara teratur dikaitkan dengan peningkatan harapan hidup setelah diagnosis kanker serta mengurangi risiko kambuhnya gejala kanker.

"Penelitian terbaru juga menunjukkan olahraga ringan dapat meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan emosi Anda," kata Snyder.

Olahraga juga dapat membantu mengontrol berat badan, membuat tidur nyenyak, dan meningkatkan suasana hati karena rasa sedih yang biasa timbul karena diagnosis kanker.

"Aktivitas fisik yang teratur juga meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot, yang mungkin terganggu oleh operasi dan beberapa terapi," katanya.

Baca juga: Apa Benar Kanker Tidak Diketahui Penyebabnya?

Melawan kelelahan

Synder mengatakan, perawatan kanker seperti kemoterapi, radiasi dan transplantasi sumsum tulang dapat mengurangi energi.

Saat obat yang dikonsumsi menyerang sel kanker, obat-obatan tersebut juga menyerang sel sehat, termasuk sel darah merah. Akibatnya, pasien dapat mengalami anemia, yang menyebabkan kelelahan.

"Di antara pasien kami, kelelahan adalah efek fisik yang paling banyak dirasakan dari pengobatan kanker," katanya.

Kelelahan biasanya berkurang atau berhenti setelah pengobatan selesai. 

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X