Kompas.com - 17/07/2019, 14:24 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Belum lama ini, salah satu anggota BTS, yaitu V, mengungkapkan bahwa dirinya didiagnosis terkena cholinergic urticaria. V, yang bernama asli Kim Taehyung, menyebutkan bahwa kondisi ini menyebabkan tubuhnya terasa gatal.

Penyakit ini sebenarnya adalah salah satu kondisi kelainan di kulit. Selain gatal-gatal, orang yang mengalami kondisi ini, juga akan merasa kulitnya panas, dan muncul bentol-bentol. Agar tidak semakin penasaran, simak penjelasan lebih lanjutnya berikut ini.

Apa itu cholinergic urticaria?

Cholinergic urticaria adalah ruam kemerahan yang muncul di kulit, saat suhu tubuh menjadi terlalu panas dan berkeringat. Ruam ini bisa muncul dengan cepat, sesaat setelah orang tersebut kepanasan.

Menurut medical editor dari SehatQ, dr. Reni Utari, cholinergic urticaria sebenarnya bukan kondisi yang berbahaya. “Kalau bahasa umumnya, kondisi ini bisa juga disebut dengan istilah biduran” ujarnya.

Lebih jauh, dr. Reni menambahkan, bahwa cholinergic urticaria bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, yang sering kita lakukan sehari-hari.

Dr. Reni menjelaskan, penyakit ini pada dasarnya muncul ketika tubuh berkeringat akibat meningkatnya suhu.

Peningkatan temperatur tubuh ini bisa disebabkan berbagai hal. Mulai dari mengonsumsi makanan pedas, mandi air panas, sauna, berolahraga, stres, maupun terpapar suhu panas.

Baca juga: Penyebab Kulit Wajah Sering Gatal

Apakah kondisi ini bisa berbahaya?

Para ARMY (sebutan untuk fans BTS), tidak perlu khawatir karena cholinergic urticaria bukanlah kondisi yang berbahaya. Dr. Karlina Lestari, medical editor SehatQ menambahkan, gejala-gejala yang dirasakan juga bisa hilang dengan sendirinya.

Halaman:
Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.