Kompas.com - 18/07/2019, 05:05 WIB
|
Editor Wisnubrata

BANDUNG, KOMPAS.com - Setiap biji kopi biasanya memiliki karakter sendiri, yang dipengaruhi oleh daerah masing-masing tempat mereka tumbuh.

Karakter tersebut menjadi sensasi sendiri bagi para penikmat kopi.

Nah, Jawa Barat, sebagai salah satu daerah penghasil kopi, juga memiliki kopi dengan karakter khusus yang terkenal di kalangan peminum kopi.

Menurut AAA Cluster Manager Olam Sunda, Dadang Hendarsyah, karakter kopi Jawa Barat lebih sweet (manis) dan tinggi acidity (asam).

Ada pun karakter tersebut muncul dipengaruhi beberapa hal, dua di antaranya adalah pemrosesan pasca panen dan tanah di daerah tempat kopi di tanam.

Dalam proses pasca panen, misalnya, para petani kopi, khususnya di Sunda Hejo, cepat mengirim ke shelter (tempat pengolahan) setelah dipetik dari kebun.

"Maksimal delapan jam setelah dipetik, harus sudah kami terima, untuk menjaga kualitas rasa," kata Dadang kepada Kompas.com saat Nespresso Farm Trip, Bandung.

Biji kopi di perkebunan kopi daerah Tenjolaya, Bandung, Jawa Barat.Nespresso Biji kopi di perkebunan kopi daerah Tenjolaya, Bandung, Jawa Barat.

Sebelumnya, menurut Dadang, para petani menyimpan semalaman hingga berhari-hari, sehingga rasa yang dihasilkan pun berbeda dibanding saat ini.

Selain pasca panen, faktor lain memengaruhi karakteristik kopi Jawa Barat adalah tanah. Di Tenjolaya, misalnya, menurut Dadang, pH tanah mencapai 4,5-5,6, yang juga diakui memengaruhi acidity kopi yang dihasilkan nantinya.

Ada pun karakter sweet juga diakui dipengaruhi tanah, satu di antaranya kesuburan dan ketinggian.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.