Jika Sedang Emosi, Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Berinteraksi dengan Anak

Kompas.com - 18/07/2019, 15:31 WIB
Ilustrasi emosi orangtua kepada anak Shutterstock.comIlustrasi emosi orangtua kepada anak

KOMPAS.com – Sejumlah kasus penganiayaan hingga pembunuhan anak yang dilakukan oleh orangtua terjadi dalam beberapa bulan terakhir.

Di Boyolali, Jawa Tengah, seorang ibu melakukan kekerasan hingga menyebabkan anaknya meninggal dunia.

Psikolog Hening Widyastuti mengatakan, alasan terbesar yang memicu tindakan ini adalah emosi orangtua yang tidak terkontrol dan semakin menjadi ketika bertemu dengan anak-anak yang segala tingkahnya.

Untuk mencegah hal itu terjadi, ia menyebutkan, ada baiknya orangtua atau orang dewasa melakukan hal-hal berikut sebelum berinteraksi dengan anak:

1. Belajar "parenting"

Sebelum menjadi orangtua, ada baiknya seseorang belajar tentang ilmu parenting.

Dengan demikian, saat memiliki anak, dia sudah tahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara bersikap.

Menurut dia, hal itu penting karena bekal menjadi orangtua tidak terdapat di sekolah formal.

“Penting juga orangtua di saat ini perlu belajar banyak tentang parenting. Mereka perlu membuka diri wawasan tentang itu,” ujar Hening.

Hening juga mengingatkan pentingnya kualitas hubungan spiritual dengan Sang Pencipta. Unsur spiritualitas ini, menurut dia, dapat menjadi rem bagi seseorang untuk tidak melakukan tindakan di luar batas, khususnya ketika tengah dilanda emosi.

“Karena apa? Ketika dia dihantam beberapa masalah bertubi-tubi, otak tidak bisa berpikir, emosi, dan sebagainya. Satu-satunya peredam adalah Tuhan yang Maha Esa. Itu energinya jadi meredamkan emosi si orangtua,” kata Hening.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X