Cantik Berkebaya Ala Ibu Negara, Siapa Favoritmu?

Kompas.com - 19/07/2019, 14:30 WIB
Di tengah aktivitasnya mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Jepang, Ibu Negara Iriana mengikuti beragam kegiatan bersama para Ibu Negara Anggota G20 lainnya, Jumat (28/6/2019).Dokumentasi Sekretariat Presiden Di tengah aktivitasnya mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Jepang, Ibu Negara Iriana mengikuti beragam kegiatan bersama para Ibu Negara Anggota G20 lainnya, Jumat (28/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebaya merupakan busana tradisional yang sangat merepresentasikan jati diri perempuan Indonesia.

Tampilan kebaya berubah dan berproses mengikuti perkembangan zaman. Kebaya terus bertahan di tengah serbuan berbagai tren mode dari negara luar dan masih bisa kita jumpai dalam beberapa kesempatan.

Pada momentum-momentum penting seperti pernikahan, acara keluarga, hingga wisuda kita masih melihat para perempuan melenggang cantik dengan kebaya.

Beberapa orang bahkan mengenakannya sebagai busana sehari-hari.

Melihat ragam desain dan padu padan kebaya selalu menjadi hal yang menarik untuk disimak. Apalagi jika padu padan tersebut bisa kita ikuti dan sesuai dengan kepribadian kita.

Baca juga: Menteri Susi Jadi Model, Pamer Tato, dan Pakai Kebaya Anne Avantie

Termasuk menyimak lebih dalam soal gaya berkebaya para ibu negara dari waktu ke waktu. Rupanya, setiap ibu negara punya ciri khas yang berbeda dan menonjolkan sisi kepribadiannya dengan tegas.

Dosen Prodi Pendidikan Tata Busana Universitas Pendidikan Indonesia, Suciati menyebutkan, kebaya ibu negara adalah busana yang dipakai tokoh perempuan Indonesia yang mewakili bangsa atau negara.

Sifat busana mengikuti konvensi, perundang-undangan terkait, serta aturan resmi lembaga kenegaraan.

Cara berkebaya para ibu negara mengikuti perkembangan zaman, namun juga tak bisa lepas dari ekspresi diri masing-masing serta latar belakang yang berbeda-beda.

Melalui disertasi berjudul “Visualisasi Busana Nasional Ibu Negara Indonesia 1945 hingga 2014” yang diselesaikan 2017 lalu, Suciati mengamati cara berkebaya para ibu negara dari waktu ke waktu hingga periode ibu negara Kristiani Herrawati ( Ani Yudhoyono).

Baca juga: Mau Pakai Kebaya dan Kain Batik? Pahami Pakem dan Larangannya

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X