Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/07/2019, 16:03 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Popsugar

KOMPAS.com - Semakin banyak kita berolahraga, akan semakin baik tidur kita dan semakin berkualitas istirahat kita, kita akan merasa lebih baik di keesokan harinya dan bisa kembali berolahraga dengan performa prima.

Namun, waktu olahraga ternyata sangat berpengaruh. Olahraga terlalu larut malam, misalnya, justru membawa lebih banyak dampak negatif.

"Jika olahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, peningkatan suhu tubuh dan neurotransmiter yang membuat kita terjaga akan membawa masalah, khususnya jika kita cenderung suka begadang," kata penulis "The Sleep Solution: Why Your Sleep Is Broken and How to Fix It", W. Chris Winter, MD seperti dikutip dari Popsugar.

Kondisi ini sama dengan situasi ketika kita sulit tidur di ruangan yang hangat. Apapun yang membuat suhu tubuh meningkat akan mengganggu tidur kita.

Baca juga: Bahaya Menjadikan Olahraga sebagai Pelarian Stres

Namun, efek dari olahraga sebetulnya bergantung pada tipe olahraga yang kita lakukan. Beberapa tipe olahraga justru bisa membantu kita lebih cepat terlelap.

"Olahraga seperti peregangan, pernapasan, dan relaksasi (seperti yoga dan tai chi) lebih baik daripada aktivitas aerobik atau anaerobik intensif (seperti lari atau mendayung)," kata Winter.

Jika kamu hanya memiliki kesempatan atau lebih suka berolahraga di malam hari, lakukanlah olahraga ringan atau berikan jarak waktu beberapa jam antara olahraga dan waktu tidur.

Jarak waktu yang cukup akan memberikan ruang bagi denyut jantung dan suhu tubuh untuk menurun perlahan sehingga kita lebih mudah terlelap.

Baca juga: Henti Jantung di Tengah Olahraga, Apa Penyebabnya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Popsugar
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com