Agar Tak Terbangun karena Lapar, Konsumsi Camilan Ini Sebelum Tidur

Kompas.com - 19/07/2019, 17:25 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Kamu mungkin pernah mengalami terbangun di tengah malam merasa perutmu berbunyi karena lapar. Jika tidak mengisi perut, kita pun sulit tertidur lagi. Tapi, jika sering makan tengah malam maka diet jadi berantakan.

Ahli gizi olahraga Jason Machowsky menjelaskan, orang-orang yang terbangun di malam hari karena lapar biasanya kurang mendapatkan makan yang cukup, kecuali bagi mereka yang mengalami binge eating atau sulit mengontrol makannya.

"Kamu mungkin butuh makan sedikit lebih banyak, jika sering terbangun kelaparan," kata dia.

Olahraga pada tingkat intensitas tertentu dan rutin juga bisa menyebabkan kita sering terbangun tengah malam karena lapar. Hal ini alami sebab tubuh membutuhkan lebih banyak bahan bakar.

Jason merekomendasikan camilan yang bisa diasup sebelum tidur yang tidak akan mengganggu target penurunan berat badan namun bisa membuatmu kenyang.

Baca juga: Ngemil di Kantor Gampang Bikin Gemuk, Simak Penjelasannya

Idealnya camilan itu terdiri dari karbohidrat, protein, atau kombinasi keduanya.

Karbohidrat membantu mengisi ulang cadangan glikogen dan protein untuk membantu menjaga rasio sintesis protein yang terjadi dalam pembentukan otot.

Jika suka, kamu juga boleh mengkonsumsi camilan dengan sedikit lemak. Dan jika masih bingung memilih camilan apa yang memenuhi kategori tersebut, daftar berikut mungkin bisa kamu coba:

- Buah dengan selai kacang atau biji-bijian.

- Buah dengan telur rebus atau potongan keju.

- Yogurt atau keju cottage dengan buah.

- Separuh sandwich.

- Semangkuk sereal gandum atau oatmeal. Tambahkan susu untuk menambah kalori dan protein).


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Popsugar
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X