Wanita Penderita Diabetes Rentan Gagal jantung

Kompas.com - 19/07/2019, 19:18 WIB
Ilustrasi sakitchampja Ilustrasi sakit

KOMPAS.com - Penyakit diabetes yang tidak terkontrol memang bisa menyebabkan berbagai komplikasi. Salah satunya penyakit jantung.

Sebuah penelitian terbaru menyebut, wanita yang menderita diabetes memiliki risiko lebih besar mengalami gagal jantung daripada pria dengan kondisi yang sama.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes (EASD), wanita yang menderita diabetes tipe 1 berisiko mengalami peningkatan gagal jantung sebesar 47 persen dibandingkan pria.

Studi tersebut dilakukan dengan mengumpulkan data dari 14 studi dengan responden lebih dari 12 juta orang.

Penelitian ini pun menemukan, wanita dengan diabetes tipe 1 memiliki kemungkinan 5,15 kali lebih tinggi mengalami gagal jantung, sedangkan pria dengan kondisi yang sama memiliki risiko 3,47 kali peningkatan.

Sementara itu, wanita dengan diabetes tipe 2 memiliki kemungkinan 1,95 kali lebih besar mengalami gagal jantung, dengan pria memiliki kemungkinan 1,74 kali lebih tinggi.

Menurut peneliti, ada sejumlah alasan mengapa risiko gagal jantung itu lebih besar pada wanita, salah satunya adalah penyakit diabetes meningkatkan kemungkinan penyakit jantung koroner.

Baca juga: Demi Kesehatan Jantung, Batasi Konsumsi Telur

Penyakit diabetes atau pun jantung bukanlah penyakit yang ringan. Itu sebabnya pencegahan penyakit ini harus jadi perhatian utama. Jika sudah terlanjur menderita diabetes, jaga pola makan dan konsumsi obat untuk mengontrol gula darah.

Menurut British Heart Foundation, gagal jantung terjadi ketika jantung tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh secukupnya.

Ini adalah kondisi jangka panjang, yang secara bertahap memburuk dari waktu ke waktu dan tidak ada obatnya.

Gejala gagal jantung seperti mengalami sesak napas serta pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, perut dan daerah punggung bagian bawah. Gejala lain juga berupa seringnya merasa lelah atau lemas.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X