Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegahlah Hal Sederhana yang Bikin Konsentrasi Kerja Buyar

Kompas.com - 20/07/2019, 09:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Tugas-tugas harian kita di kantor mengambil sebagian besar fokus otak kita ketika bekerja. Namun, terkadang kita juga terdistraksi oleh rekan kerja, gadget, dan media sosial.

Di saat sedang berusaha bekerja efektif, kita pun menjadi sangat sibuk membagi perhatian pada bermacam gangguan tersebut.

Sepulang kerja, kita akan “bersantai” dengan menonton serial favorit atau mengikuti pemberitaan seputar politik yang selalu panas. Otak kita benar-benar tak diberi jeda untuk beristirahat.

“Cara kita bekerja tersebut sangat menguras energi.  Kita tidak menyimpan informasi baru dan kita tidak bekerja secara efisien,” kata psikolog Ulrika Leons.

Jika kita tidak membiarkan diri untuk jeda sejenak mengatur napas, kita akan lebih berisiko kelelahan atau burnout.  Jangan remehkan kondisi ini karena bisa memicu masalah mental.

Leons memberi 3 tips kepada Business Insider untuk memperlakukan otak lebih baik saat bekerja:

1. Terlalu banyak gangguan suara? fokuskan diri

Banyak pekerjaan yang mengharuskan kita menggunakan kepala setiap harinya, ini berarti  konsentrasi penuhpada tugas-tugas tertentu. Sayangnya, kondisi itu sulit dicapai karena rekan-rekan kerja sering sekali mengajak ngobrol atau bertanya basa-basi.

Meskipun terkesan sepele, namun “gangguan” itu membuat konsentrasi pecah.

Baca juga: 5 Cara Sederhana untuk Tingkatkan Konsentrasi

Leons menjelaskan jika seseorang mengalihkan perhatian kita saat bekerja, diperlukan waktu antara 5 hingga 25 menit untuk mengembalikan konsentrasi semula. Intinya, butuh energi untuk beralih ke pekerjaan lagi.

Jika ini terjadi sepanjang hari, kamu akan lebih kelelahan saat pulang.

Oleh karena itu, jika ingin tetap fokus, berikan sinyal pada rekan kerja kamu tidak ingin diganggu. Misalnya dengan menggunakan headphone atau minta rekan kerja yang ingin berbicara lama di telepon melakukannya di ruangan tertutup.

2.  Kuasai cara pengaturan waktu

Jika kita harus mengerjakan tugas yang butuh konsentrasi sangat tinggi selama satu jam, pilihlah dengan cermat waktu yang paling tepat untuk melakukannya.

“Setiap orang memiliki ‘kurva perhatian’ yang berbeda.  Ada yang lebih sulit fokus di sore hari tetapi ketika di pagi hari akan bisa mengerjakannya lebih baik,” kata Leons.

Organisasi yang berbeda juga memiliki jadwal harian yang berbeda.

“Misalnya, setiap pagi ada rapat atau kantor lebih sibuk di sore hari, sehingga kamu bisa menyesuaikan untuk mengatur kapan dapat mengerjakannya,” katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com