Kompas.com - 20/07/2019, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Kuman dan virus memang bisa menular antar manusia melalui tangan yang terkontaminasi. Mencegah penularan penyakit bisa dilakukan dengan cara sederhana, mencuci tangan dengan sabun atau cairan pembersih tangan (handsanitizer).

Dijelaskan oleh dokter Dewi Ema Anindia, tangan yang "kotor" berhubungan erat dengan penyakit saluran pernapasan dan pencernaan seperti influenza dan diare.

“Yang sering menyebabkan kematian adalah dehidrasi yang disebabkan oleh diare. Di mana diare itu disebabkan oleh karena tangan yang kurang higenis,” kata Ema dalam acara peluncuran Antis aroma Jasmine Tea di Jakarta, (19/7/2019).

Penyakit tersebut bisa menyebabkan komplikasi serius, terutama pada anak kecil, orang lanjut usia, atau yang sistem imunnya lemah.

Cara mencuci tangan yang baik adalah dengan sabun dan air mengalir. Namun, menurut Ema jika tidak ada kotoran yang terlihat mata, memakai hand sanitizer juga dianjurkan.

“Jika kita merasa tangan kotor tapi enggak keliatan kotorannya, hand sanitizer mampu menghilangkan kuman sampai 99,9 persen. Pemakaiannya juga cepat, setelah kita semprotkan bisa langsung pegang makanan," paparnya.

Pastikan tangan selalu bersih saat kita akan sebelum dan setelah makan, akan memasak, setelah merokok atau memegang hewan, setelah menggunakan toilet atau mengganti popok, dan juga setelah mengunjungi orang sakit.

Produsen sabun pencuci tangan Antis meluncurkan varian terbarunya yang beraroma teh (jasmine tea).

Product manager Antis Tegar Baskoro, mengungkapkan Antis mampu membunuh 99 persen kuman dalam waktu 4 detik.

"Formulanya mudah menguap sehingga tidak tersisa di tangan, tidak lengket, lembut di kulit karena mengandung moisturizer dan teh melati," kata Tegar. (Nishya Gavrila)

Varian terbaru cairan pembersih tangan Antis aroma Jasmine Tea.Nishya Gavrila Varian terbaru cairan pembersih tangan Antis aroma Jasmine Tea.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.