Kompas.com - 20/07/2019, 15:19 WIB
Komedian Tri Retno Prayudati atau biasa dikenal dengan nama Nunung ditangkap atas kasus penyalahgunaan narkotika. Dokumentasi Polda Metro JayaKomedian Tri Retno Prayudati atau biasa dikenal dengan nama Nunung ditangkap atas kasus penyalahgunaan narkotika.

KOMPAS.com – Komedian Nunung ditangkap atas kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu-sabu pada Jumat (19/7/2019). Kasus ini menambah deretan panjang selebritas yang tersangkut penyalahgunaan narkoba.

Sering kali hal ini membuat pertanyaan, mengapa kehidupan selebritas begitu dekat dengan narkoba? Ya, bisa dikatakan bahwa perkembangan jaman membuat dunia menjadi semakin terbuka dan pergaulan semakin tanpa sekat.

Tentu banyak hal positif yang dapat diambil dari sistem sosial yang semakin mengglobal ini. Namun, segala sesuatu yang terlampau bebas dan sama sekali tak memiliki batasan juga menawarkan kemungkinan negatif.

Baca juga: Berkaca dari Kasus Nunung, Ini yang Terjadi di Tubuh Pengonsumsi Sabu

Salah satunya semakin mudahnya seseorang terjerumus pada pergaulan keliru yang membawanya pada lembah hitam sebagai seorang pecandu narkotika.

Lalu, bagaimana cara yang paling efektif agar kita terhindar dari pengaruh buruk obat-obatan yang menimbulkan ketergantungan itu?

Dokter, filsuf, sekaligus ahli gizi Dr. dr. Tan Shot Yen, M.Hum menyebutkan satu hal terpenting yang harus dimiliki seseorang agar memiliki terjaga dari kenikmatan sesaat obat-obatan psikotropika.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal itu adalah memiliki konsep hidup yang matang.

Matangkan konsep dan tujuan hidup

Tan menyebut pentingnya konsep hidup dan tujuan hidup bagi seseorang agar dapat terhindar dari barang haram seperti narkotika.

“Tujuan kerja buat apa sih? Buat cari duit. Duitnya buat apa? Buat kehidupan lebih baik, punya kasur lebih tebal, bisa punya rumah lebih gede,” kata Tan kepada Kompas.com, Sabtu (20/7/2019) pagi.

Namun, menurutnya banyak orang yang justru terjebak dalam konsep hidup yang salah hingga mengorbankan kebahagiaan dan kesehatan dirinya dengan bekerja terlalu keras.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.