Jalani Diet, Kuning Telur Harus Dipinggirkan?

Kompas.com - 21/07/2019, 09:21 WIB
Ilustrasi telur Professor25Ilustrasi telur
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Murah, enak, dan mudah untuk diolah menjadi makanan yang lezat adalah beberapa keunggulan telur. Namun, sepertinya kita belum paham benar manfaat telur.

Saat sedang melakukan diet, mungkin sebagian besar orang menyisihkan bagian kuning karena dianggap tidak sehat. Namun, apakah benar saat sedang menjalani diet, kuning telur tidak boleh dikonsumsi?

Mencapai berat badan ideal dan postur tubuh yang bagus adalah salah satu tujuan dari diet. Menjaga pola makan dan memilih jenis makanan yang dikonsumsi menjadi salah satu langkah krusial dalam meraih diet yang sukses.

Salah satu makanan yang menimbulkan kontroversi dalam masyarakat adalah kuning telur. Kuning telur dianggap dapat meningkatkan kolesterol dan dikhawatirkan mampu meningkatkan berat badan alih-alih menurunkannya lemak tubuh.

Faktanya, saat sedang melakukan diet, kuning telur ataupun telur secara umum adalah salah satu alternatif makanan yang praktis dan bisa ditambahkan ke dalam menu makanan diet harian kita.

Baca juga: Mengapa Kita Tidak Perlu Membuang Kuning Telur?

Satu butir telur hanya memiliki 78 kalori dan merupakan salah satu makanan rendah kalori yang bernutrisi, terutama pada bagian kuning telur.

Selain itu, telur juga kaya akan protein yang membantu menurunkan berat badan dengan cara menimbulkan rasa kenyang dan membantu mengurangi nafsu makan.

Bagaimana dengan kolesterol pada kuning telur?

Tujuan diet lainnya adalah untuk menjaga kesehatan, dan kuning telur seringkali dihindari karena keyakinan bahwa kuning telur meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Telur memang mengandung kolesterol, tetapi, kolesterol yang tinggi tidak serta-merta terjadi hanya karena mengonsumsi kuning telur. Bahkan, sebagian besar kolesterol dalam tubuh yang diproses oleh hati berasal dari lemak jenuh dan lemak trans yang dikonsumsi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X