8 Hal yang Perlu Dilakukan Ibu Rumah Tangga demi Menjaga Kewarasan

Kompas.com - 21/07/2019, 13:13 WIB
Ilustrasi ibu dan anak Thinkstock/omgimagesIlustrasi ibu dan anak

KOMPAS.com - Menjadi ibu adalah tugas yang menakjubkan. Meski demikian, tak bisa dipungkiri, pekerjaan sebagai seorang ibu berat, tak kenal ampun, dan tak ada yang bisa membalasnya.

Tak peduli Anda akan memutuskan untuk kembali bekerja atau memutuskan untuk merawat anak-anak Anda di rumah. Bagaimanapun juga, tantangan yang harus dihadapi seorang ibu memang sangat besar.

Kebanyakan orang mengira seorang ibu rumah tangga tidak melakukan apapun, selain menikmati waktu luang di rumah.

Kenyataannya ibu rumah tangga bekerja sama kerasnya dengan ibu yang pergi bekerja, hanya memang pekerjaannya tidak menghasilkan uang.

Baca juga: Ibu Rumah Tangga Adalah Profesi Terberat Dibanding Pekerjaan Lainnya

Ibu rumah tangga seringkali harus mengerjakan urusan rumah yang melelahkan dan bahkan monoton. Ini tak jarang membuat ibu merasa bosan dan kesepian.

Sementara ibu bekerja mendapat pengakuan dan penghargaan atas pekerjaannya di kantor, ibu rumah tangga tak mendapatkan hal itu, meski sudah lelah bekerja.

Bukan tak mungkin hal tersebut berisiko menyebabkan depresi. Berikut delapan tip yang bisa dilakukan ibu rumah tangga, agar tetap waras dan merasa bahagia.

 Baca juga: Ibu Rumah Tangga, Pegang Peranan Kunci Keluarga Bisa Liburan

1. Lebih santai menghadapi kekacauan

Sebagai ibu rumah tangga, sebagian besar pekerjaan Anda adalah membersihkan kekacauan yang dibuat anak-anak Anda di rumah. Tapi, Anda perlu memahami, rumah berantakan adalah hal yang wajar ketika Anda memiliki anak kecil.

Ingatlah bahwa kekacauan yang dibuat anak Anda akan meninggalkan kenangan indah.

Jangan terlalu khawatir dengan rumah yang berantakan, fokuslah pada hal yang dipelajari anak dari setiap kekacauan yang dibuatnya.

2. Pergilah ke luar rumah

Ibu rumah tangga tak berarti hidup dalam kurungan. Pilih baju kesukaan Anda, kenakan sepatu Anda, dan pergilah bersama anak Anda.

Anda bisa pergi ke taman, berbelanja, atau sekedar makan siang di luar.

Ini akan membantu menyegarkan pikiran dan jiwa Anda.

3. Merasa frustrasi adalah hal yang wajar sebagai orangtua

Sebagai seorang ibu, nda tentu pernah merasa frustrasi. Namun tentu bukanlah hal yang bijak jika Anda melampiaskan rasa frustrasi Anda pada anak ataupun suami.

Hal terbaik adalah menerima rasa frustrasi itu dan melakukan sesuatu yang bisa menenangkan pikiran Anda.

Anda bisa berendam air hangat, menonton film, meditasi, memanjakan diri dengan makanan favorit, atau menyisihkan waktu untk bertemu teman-teman. Lakukan apapun yang bisa mengmbalikan pikiran positif Anda.

4. Jangan khawatirkan penampilan Anda

Menghabiskan sebagian besar waktu untuk mengurus rumah, tak jarang membuat ibu rumah tangga tak punya waktu untuk berdandan.

Ketahuilah bahwa Anda tak harus selalu terlihat sempurna. Apapun kondisinya, nak-anak Anda akan berpikir bahwa Anda adalah ibu tercantik bagi mereka.

Baca juga: Inilah Cara Tingkatkan Pendapatan untuk Ibu Rumah Tangga

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Boldsky
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X