Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/07/2019, 13:49 WIB
Wisnubrata

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa yang tak kenal Dr Martens? Para penggemar boots pastilah mengenal brand asal Inggris itu. Tapi tahukah kamu bahwa boots Dr Martens awalnya dipakai oleh para pekerja lapangan?

Ya, ketika boots tersebut pertama kali diproduksi pada 1 April 1960, kebanyakan pemakainya adalah tukang pos, anggota polisi, dan pekerja lapangan lain.

Dengan ciri khas benang berwarna kuning, sol karet, kulit yang kuat, Dr Martens memang menjadi pilihan karena relatif lebih ringan dan nyaman dipakai dibanding boots yang ada saat itu.

Dr Martens X The WhoDM Dr Martens X The Who
Lalu muncullah The Who, grup band yang kemudian menjadi populer di Inggris. Pendiri sekaligus pentolan The Who, Pete Townshend kerap mengenakan boots seri 1460 saat manggung di tahun 1967.

Jadilah semua orang mencari sepatu yang sama, dan meroketlah nama Dr Martens. Adapun sepatu yang dipakai Townshend adalah seri yang pertama kali keluar yakni 1460, kode yang menunjukkan tanggal 1 April 1960.

Sejak itu Dr Martens dipakai para fans band Inggris, terutama kalangan punk. Konser-konser pun dipenuhi penonton dengan DM sebagai alas kaki mereka.

loafer Adrian, Dr Martens X The WhoDM loafer Adrian, Dr Martens X The Who
Kini, untuk mengenang peristiwa itu, Dr Martens mengeluarkan seri The Who, dalam koleksi Autumn Winter 2019.

Lambang The Who yang berupa lingkaran tiga warna menghiasi koleksi tersebut. Dari sepatu, tas, hingga t-shirts, koleksi ini berusaha menggabungkan gaya anak band masa itu dengan style khas Dr Martens.

koleksi Dr Martens X The WhoDM koleksi Dr Martens X The Who
Adapun seri The Who ini meliputi boots seri 1460, sepatu 1461, seri loafer tassel Adrian dengan gambar bendera Inggris Union Jack di bagian depannya, serta sneakers seri Toomey dan Pressler. Selain itu ada juga kaos kaki dan tas backpack kulit dengan logo yang sama.

Nah, bila kamu tertarik, koleksi ini sudah tersedia di toko-toko Dr Martens.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com