Kompas.com - 22/07/2019, 16:50 WIB

KOMPAS.com - Sebuah penelitian menemukan, bahwa semakin tua usia anak di awal tahun sekolah, semakin besar kemungkinan anak untuk berprestasi sepanjang masa pendidikan (dan pada dasarnya sepanjang sisa hidup).

Jadi, jika anak Anda lahir pada bulan September, ia mungkin termasuk orang yang beruntung.

Penelitian yang telah dipublikasikan di National Bureau of Economic Research ini, mengamati perkembangan kognitif 1,2 juta siswa sekolah negeri di Florida, yang berusia antara enam dan 15 tahun, dengan ulang tahun sepanjang tahun.

Peneliti menemukan, bahwa siswa yang lahir pada bulan September memiliki skor rata-rata tahunan yang lebih tinggi di sekolah daripada mereka yang lahir pada bulan-bulan lainnya, karena mereka adalah yang tertua.

Baca juga: Anak yang Berprestasi Jarang Main Gawai

Sementara itu, mereka yang lahir pada bulan Agustus cenderung memiliki performa yang buruk.

Dan para peneliti mencatat skor yang mungkin bisa dibangun dari waktu ke waktu, yang pada gilirannya akan meningkatkan peluang siswa kelahiran September untuk masuk ke perguruan tinggi yang baik.

Penelitian berjudul School Starting Age and Cognitive Development ini, juga melihat sejumlah faktor sosial ekonomi lainnya yang dapat memengaruhi seberapa baik anak di sekolah, termasuk pendidikan, etnis, dan kekayaan orangtua mereka.

Tetapi para peneliti mencatat, bahwa anak-anak dengan performa kurang baik karena keadaan, dapat mengejar ketinggalan sebelum menjalani ujian formal pada usia lebih lanjut.

Baca juga: Anak dengan HIV Bisa Berprestasi dan Tidak Perlu Dibedakan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber her.ie


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.