Buah-Buahan Terbaik untuk Pertumbuhan Anak

Kompas.com - 23/07/2019, 09:34 WIB
Ilustrasi anak makan buah semangka shutterstockIlustrasi anak makan buah semangka
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Semua orang tahu kalau buah-buahan memiliki banyak manfaat. Namun, secara nutrisi, tidak semua buah sama. Kita tahu ada banyak sekali jenis buah-buahan, termasuk buah olahan kering maupun kaleng.

Ketika menjadikan buah sebagai cemilan atau bagian dari daftar makanan anak, tentunya orangtua harus lebih selektif memilih buah yang lebih baik dan meminimalisasi konsumsi buah yang kurang baik untuk anak.

Lalu, buah-buahan seperti apa yang harus dipilih?

Ahli gizi Jillian Kubala, MS, RD menjelaskan, beberapa buah memiliki kandungan gula lebih tinggi daripada yang lain.

Namun, buah-buahan segar mengandung gula alami dan serangkaian vitamin, mineral dan antioksidan yang penting untuk kesehatan.

"Masalah pada buah-buahan bukan karena kandungan gulanya, namun lebih kepada jumlah buah yang dikonsumsi dan bagaimana buah itu diproses," kata Kubala.

Jadi, fokuslah pada kuantitas konsumsi buah. Meski begitu, beberapa buah memiliki jumlah kandungan gula yang berbeda-beda. Buah-buahan yang rendah gula antara lain raspberry, blackberry, kiwi, jeruk Bali, pepaya, dan semangka.

Lalu, beberapa buah yang tinggi gula antara lain ceri, mangga, pisang, dan anggur. Karena rasanya yang sangat enak, banyak orang mengkonsumsinya secara berlebih.

"Karenanya perhatikan ukuran porsi konsumsi buah dalam sehari," katanya.

Pisang dan anggur seringkali menjadi favorit anak. Namun, karena kandungan gulanya tinggi, pastikan jumlahnya tetap moderat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Popsugar
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X