“Resep” Bugar Jokowi Ada di Aktivitas Rutin Setiap Pagi Hari

Kompas.com - 23/07/2019, 11:00 WIB
Presiden Joko Widodo tiba untuk memimpin rapat terbatas di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/1/2019). Ratas itu membahas RUU tentang Minyak dan Gas Bumi. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho GumayPresiden Joko Widodo tiba untuk memimpin rapat terbatas di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/1/2019). Ratas itu membahas RUU tentang Minyak dan Gas Bumi. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/wsj.
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo berbagi aktivitas yang rutin dilakukan setiap pagi hari.

Dalam #JKWVLOG yang diunggah di Instagram, Jokowi mengaku setiap pagi hari rutin minum jamu sebelum beraktivitas.

“Biasanya kalau pagi, sebelum aktivitas minum jamu, jamu ini adalah jamu dari campuran temulawak, jahe, kunyit,” ujar Jokowi sambil memperlihatkan segelas jamu yang dipegang.

“Jadi jahe ditumbuk, dirajang; temulawak ditumbuk dirajang, kunyit juga, (lalu) diseduh air panas, disaring dan kemudian diminum.”

Menurut Jokowi, ia rutin melakukan aktivitas tersebut sejak 17-18 tahun lalu. Ia pun meyakini minuman tersebut memberikan manfaat yang baik untuk kebugaran tubuh.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Ingin tahu bagaimana saya menjaga kebugaran tubuh? Tak ada rahasia, tidak ada yang istimewa. Hanya ramuan sederhana semata. Selamat pagi.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on Jul 22, 2019 at 6:01pm PDT

Benarkah demikian?

Dalam sebuah riset ditemukan, senyawa yang ditemukan dalam kunyit dapat membantu meningkatkan kadar cathelicidin antimikroba peptida atau CAMP protein yang membantu sistem kekebalan tubuh melawan berbagai bakteri, virus atau jamur. 

Baca juga: Ingin Sukses Turun Berat Badan? Jahe Bisa Jadi Kuncinya

Selain itu, jahe pun juga dikenal mengandung senyawa yang baik bagi daya tahan tubuh seperti betakaroten dan capsaicin.

Sementara temulawak dikenal sebagai salah satu bahan yang sering digunakan untuk obat herbal. Ada pun manfaat yang disebut-sebut adalah antiinflamasi, memelihara fungsi hati, meningkatkan nafsu makan, hingga menurunkan lemak dalam darah.

Baca juga: Agar Temulawak Jadi Herbal Kelas Dunia



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X