Pentingnya Tidur Siang demi Kebugaran dan Peforma Tubuh

Kompas.com - 23/07/2019, 15:18 WIB
Ilustrasi tertidur saat bekerja Monkey Business ImagesIlustrasi tertidur saat bekerja

KOMPAS.com - Istirahat yang cukup adalah kunci untuk menjaga kebugaran tubuh, termasuk performa para atlet.

Tahun 2011, wakil Komisaris NBA saat itu, Adam Silver, mengeluarkan larangan untuk tidak memanggil para pemain pada pukul 15.00.

Jam-jam tersebut dikenal oleh seluruh liga sebagai jadwal tidur siang. Para pemain NBA - dan sebagian besar atlet profesional yang bermain di malam hari - tak pernah melewatkan jadwal tidur siang mereka.

Mereka juga melakukan tidur siang dalam hitungan jam, bukan menit. Sayangnya, kesibukan kerja serta tuntutan hidup membuat banyak orang sulit menemukan celah untuk tidur siang, kecuali para karyawan di perusahaan raksasa teknologi Silicon Valley yang di beri jam khusus untuk tidur siang demi mencapai produktivitas maksimum.

Banyak orang kemudian seolah melakukan "balas dendam" dengan tidur seharian ketika akhir pekan tiba. Namun, apakah ini jalan terbaik?

Tidak ada parameter pasti mengenai cara untuk optimasi tidur siang. Di sisi lain, atlet profesional memerlukan tidur siang pada jam-jam mendekati sore hari karena keperluan fisiologi sirkadian tubuhnya.

Sore hari adalah saat dimana tubuh mengalami penurunan alami dalam suhu tubuh dan juga tingkat energi.

Pada akhir pekan, kita dapat sedikit lebih memperhatikan dorongan homeostatis — dorongan internal untuk mempertahankan keseimbangan dalam tubuh— yang meningkat setiap saat kita terjaga dan diperkuat oleh aktivitas fisik dan interaksi sosial.

"Ini benar-benar terpisah dari isyarat yang Anda dapatkan dari lingkungan berupa cahaya dan suhu," kata David Samson, antropolog tidur di University of Toronto.

Inilah mengapa dorongan homeostatis kita rusak setelah melakukan perjalanan lintas negara. Saat berada di rumah pun, kita bisa tiba-tiba mengantuk di siang hari.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X