Masalah Gigi Bisa Pengaruhi Kepercayaan Diri Anak di Sekolah

Kompas.com - 23/07/2019, 18:03 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekolah menjadi tempat bagi anak belajar bersosialisasi dengan lingkungannya. Faktor kepercayaan diri sangat berpengaruh terhadap kemampuan anak bersosialisasi.

Memiliki masalah gigi, menjadi salah satu faktor yang membuat anak menjadi tidak percaya diri dalam bergaul.

Apalagi, anak usia sekolah mulai sensitif terhadap pandangan orang terhadap mereka.

Hal itu dikatakan oleh Psikolog anak dan keluarga Rosdiana Setyaningrum M.Psi. MHPEd dalam konferensi pers Pepsodent Action 123 di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (23/7/2019).

Baca juga: Mengubah Trauma Anak dengan Dokter Gigi

"Seperti gigi keropos, biasanya bikin anak kurang percaya diri. Itu sudah sangat mengganggu. Apalagi kalau tambah sakit dan nafas segar," kata Rosidana.

Ketidakpercayaan diri anak di usia sekolah (hingga usia 12 tahun) akan memengaruhi pembentukan kepercayaan diri anak di usia dewasa.

Sehingga, jika anak sudah sering diejek teman-temannya karena penampilan di masa sekolah dasar, kemungkinan stres saat dewasa bisa mencapai tiga kali lipatnya.

Sementara kepercayaan diri seseorang akan memengaruhi lingkungannya secara luas. Terlebih ketika si anak kelak berkeluarga.

Itu semua diawali oleh masalah gigi yang membuat si anak enggan tersenyum.

"Padahal, buat anak SD bergaul itu harus karena di sekolah dia belajar mengenal orang lain, beradaptasi dengan orang lain jadi dia harus lebih banyak berkomunikasi dan ngobrol dengan orang," tuturnya.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Mengganti Sikat Gigi?

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X