Kompas.com - 23/07/2019, 21:42 WIB
Ilustrasi kopi dan hati amenic181Ilustrasi kopi dan hati

KOMPAS.com - Kamu mungkin pernah mendengar mitos, bahwa minum kopi akan menghambat pertumbuhan anak. Karena, minum kopi akan membuat anak-anak sulit tidur tepat waktu atau bahkan ada yang menyebutkan bahwa kafein tak sehat untuk anak-anak.

Sementara banyak orangtua yang tak membiarkan anak-anaknya mengonsumsi kopi, tapi masih memberi cokelat dan minuman bersoda untuk anak-anak mereka. Sepertinya ada yang lupa bahwa makanan manis juga mengandung kafein.

Jadi sebenarnya, apakah anak –anak boleh minum kopi?

Jawabannya jauh lebih rumit dari sekedar ya atau tidak.

FDA (Food and Drug Administration) mengecualikan anak-anak dari penelitian tentang konsumsi kafein. Namun menurut Mayo Clinic, orang dewasa sebaiknya tidak mengonsumsi kopi lebih dari 400 miligram per hari.

Baca juga: Waspadai Kandungan Kalori dalam Minuman Kopi Kekinian

Jadi, sepertinya aman untuk mengasumsikan bahwa anak-anak dan remaja boleh mengonsumsi kopi lebih sedikit dari itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Health Canada tampaknya mendukung teori tersebut, disebutkan para ilmuwan menentukan tingkat asupan kafein untuk anak-anak:

4-6 tahun: 45 mg/ hari
7-9 tahun: 62.5 mg/ hari
10-12 tahun: 85 mg/ hari

Ketika anak-anak melampaui batas-batas tersebut, bukan tak mungkin bagi mereka untuk merasakan efek samping yang sama dengan yang dirasakan orang dewasa ketika mengonsumsi lebih dari 400 miligram kafein.

Efek samping ini bisa termasuk perasaan cemas, mual, detak jantung yang cepat, gelisah, dan susah tidur. Tapi tak hanya itu, ada masalah lain juga yang bisa terjadi.

"Terlalu banyak kafein dapat mengganggu penyerapan kalsium, yang secara negatif akan memengaruhi pertumbuhan yang tepat," kata ahli diet terdaftar Tobi Amidor di Healthline.

"Selain itu, menambahkan krim dan banyak gula, atau minum kopi spesial berkalori tinggi dapat meningkatkan berat badan dan gigi berlubang," lanjutnya.

Baca juga: Pilihan Kopi Latte dengan Asupan Gula Rendah

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.