Kompas.com - 24/07/2019, 07:40 WIB
Ilustrasi jerawat ShutterstockIlustrasi jerawat

KOMPAS.com – Bintik-bintik kehitaman di bagian hidung dan terasa kasar merupakan komedo (black head). Kemunculannya merupakan tanda kamu harus mengurus kulitmu segera.

Komedo bisa terjadi pada berbagai jenis kulit dan usia. Biasanya muncul di hidung, area di mana pori-porinya besar. Komedo ini bisa membuat wajah terlihat kotor dan berbintik.

Menurut pakar facial Cecilia Wong, komedo merupakan kumpulan minyak, sel kulit mati, dan kotoran yang bercampur dan tersumbat di pori-pori wajah.

“Bila kamu kurang merawat dan membersihkan pori, kotoran dan minyak akan menumpuk,” kata Wong seperti dikutip SELF.

Selain itu, sumbatan pada pori juga bisa disebabkan oleh stres dan hormone tak seimbang. Ini berarti, sesering apa pun kita membersihkan wajah, komedo bisa saja muncul.

“Komedo, seperti halnya jerawat, bisa berkembang karena sumbatan di pori. Bedanya, komedo ada di permukaan, sedangkan jerawat biasanya lebih dalam lagi,” kata ahli dermatologi Ken Howe.

Pria pada umumnya lebih banyak memiliki komedo karena pori-porinya lebih besar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika dibiarkan, komedo akan membuat kulit menjadi kasar, gatal, dan tidak rata.  Komedo ini juga bisa mengurangi elastisitas kulit.

Baca juga: Tips Skincare untuk Bersihkan Komedo di Hidung

“Pori-pori mirip dengan karet gelang. Makin ditarik, makin berkurang elastisitasnya. Demikian juga dengan pori kulit kita, ketika ditarik maka tidak akan bisa menutup lagi,” kata Wong.

Kabar baiknya, mengatasi komedo tidak terlalu sulit. Namun, pencegahan adalah yang utama.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.