Inovasi untuk Kebutuhan Perawatan Kecantikan Wanita Berhijab

Kompas.com - 24/07/2019, 11:00 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com – Sebagai negara dengan populasi umat Muslim terbesar di dunia, perempuan muslim di Indonesia yang mayoritas menggunakan hijab memiliki kebutuhan yang spesifik dalam perawatan kecantikan.

Hal tersebut disadari benar oleh industri kosmetik, termasuk oleh raksasa industri kecantikan dunia, L’Oreal.

Presiden Direktur PT.L’Oreal Indonesia Umesh Phadke, mengatakan, L’Oreal berusaha menciptakan produk yang relevan dengan kebutuhan konsumennya, termasuk segmen perempuan Muslim yang berhijab.

“Wanita muslim di Indonesia sangat modern, dinamis, berpikiran terbuka dan bisa mencapai apa pun seperti halnya wanita lain,” katanya dalam acara round table di kantor pusat L’Oreal Indonesia di Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Menurut Umesh, L’Oreal Indonesia menciptakan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan perempuan berhijab, terutama produk perawatan rambut dan wajah.

“Setelah berhijab, mungkin mereka jadi lebih concern dengan kesehatan rambutnya, butuh sampo yang cepat kering dan wanginya tahan lama,” ujarnya.

Baca juga: Strategi LOreal Kuasai Bisnis Kosmetik di Indonesia

Salah satu produk perawatan rambut yang dibuat untuk segmen tersebut adalah Matrix Biolage Cool Therapy untuk para pemakai hijab.

Produk lain adalah Garnier yang menggunakan bahan-bahan alami dan kini dilengkapi dengan sertifikat halal.

Kepala Riset dan Inovasi L’Oreal Indonesia, Shean Lim menjelaskan, tuntutan konsumen di era modern ini sangat tinggi. Misalnya saja ingin produk tabir surya yang tidak terasa lengket di wajah atau produk foundation dengan tekstur halus dan ringan.

“Membuat produk seperti itu formulasinya tidak mudah. Salah satu inovasi kami adalah L’Oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh SPF 50, yang tidak terasa lengket dan berminyak namun bisa melindungi kulit di iklim Indonesia yang panas,” kata Shean dalam acara yang sama.

Strategi lain yang dikembangkan L’Oreal adalah membuat produk yang khusus untuk momen istimewa seperti lebaran.

“Make up untuk acara lebaran kini dianggap sama pentingnya dengan baju lebaran. Karena semua ingin terlihat berbeda dan menarik di hari itu,” kata Maybelline & NYX Marketing Director Cinantya Davina.

Ia menambahkan, Maybelline Indonesia menjadi negara percontohan yang membuat strategi komunikasi khusus untuk make up edisi lebaran.

“Hasilnya, Maybelline jadi produk yang paling kencang dibicarakan selama Ramadhan dan Lebaran,” kata Davina.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X