Mengapa Orang Berkacamata Kerap Dianggap Cerdas?

Kompas.com - 24/07/2019, 13:05 WIB
Ilustrasi bekerja DragonImagesIlustrasi bekerja

KOMPAS.com - Dalam kisah-kisah di film atau sinetron, para kutu buku kerap digambarkan sebagai seorang pemakai kacamata.

Bahkan, para profesor pun identik dengan kacatama. Ya, gambaran semacam ini  akhirnya terbawa ke dunia nyata, sehingga banyak orang mengira para pemakai kacamata adalah mereka yang memiliki kecerdasan tinggi.

Tanpa kita sadari, manusia memang selalu mengasosiasikan kacamata dengan kecerdasan. Sebenarnya, dari mana stereotip semacam ini berasal?

Menurut riset dari University of Cologne, Jerman, dan University of Griningen, Belanda, stereotip orang berkacamata dianggap cerdas berasal dari abad pertengahan, ketika para bhikkhu memakai kacamata untuk belajar karena kemampuan visual mereka menurun.

Sejak saat itu, orang yang melakukan pekerjaan intelektual atau para ahli biasa memakai kacamata.

Baca juga: Pengguna Kacamata, Seberapa Sering Harus Cek Kondisi Mata?

Alhasil, orang mengasosiasikan kacamata dengan berbagai karakteristik terkait kompetensi, seperti kesuksesan, ketergantungan, ketekunan, dan kecerdasan yang paling kuat.

Anehnya, stereotip semacam ini sudah ada sejak zaman seleksi alam. Menurut psikiater Elizabeth G. Loran, otak manusia cenderung lebih suka membuat keputusan cepat untuk tujuan bertahan hidup dan efisiensi.

"Ketika kami disajikan dengan sejumlah besar informasi, manusia dapat dengan cepat memproses informasi dan membuat keputusan dengan mengambil 'jalan pintas mental', yang dikenal sebagai bias," kata Dr. Loran.

Di masa lalu, manusia mengandalkan bias ini untuk dengan cepat beradaptasi dengan situasi yang berbahaya atau kompetitif.

Baca juga: Perlukah Memilih Kacamata Polarized?

"Meskipun seleksi alam kurang menjadi ancaman dalam masyarakat saat ini, manusia masih menggunakan hal tersebut untuk memproses informasi dan mempercepat waktu reaksi kita," kata Dr. Loran.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X