Kompas.com - 25/07/2019, 08:30 WIB
Ilustrasi barista membuat kopi SHUTTERSTOCKIlustrasi barista membuat kopi

JAKARTA, KOMPAS.com - Popularitas kopi membuat profesi barista menjadi banyak dicari. Di balik gelas-gelas minuman kopi yang berkualitas memang ada peran racikan tangan barista.

Untuk menjadi barista yang andal dibutuhkan pendidikan, passion dan juga jam terbang. Salah satu cara untuk meningkatkan skill barista adalah dengan mengikuti kompetisi barista. 

Salah satu kompetisi yang baru saja digelar adalah Javaroma - Asean Barista Team Championship 2019 (Javaroma - ABTC 2019).

Kompetisi barista yang diikuti tujuh negara di Asia Tenggara ini melibatkan 64 barista andal yang akan dibagi menjadi tim. Setiap tim beranggotakan empat orang yang mewakili negara masing-masing.

Hal yang menarik adalah 64 barista ini akan ditantang untuk membuat 15 cangkir kopi dalam waktu 10 menit saja pada ronde pertama.

"Para barista yang bertanding diharapkan dapat memperlihatkan teknik kerja sama dalam tim untuk menghasilkan racikan kopi terbaik dalam waktu sesingkat mungkin," kata Executive Director ASEAN Coffee Federation, Steven Tan dalam konferensi pers di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Justin Metcalf, salah satu juri Javaroma Asean Barista Team Championship 2019 (Javaroma - ABTC 2019), tengah menunjukkan cara menyiapkan minuman kopi di sela konferensi pers di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (24/7/2019).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Justin Metcalf, salah satu juri Javaroma Asean Barista Team Championship 2019 (Javaroma - ABTC 2019), tengah menunjukkan cara menyiapkan minuman kopi di sela konferensi pers di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kopi yang digunakan adalah berbagai kopi nusantara yang telah disiapkan oleh sponsor kompetisi yaitu Wahana Estate dan Common Grounds.

Baca juga: Mengenal Karakter Kopi Jawa Barat yang Terkenal Manis dan Asam

Indonesia dipilih sebagai tuan rumah kompetisi perdana ini karena dianggap sebagai salah satu negara yang unggul sebagai produsen kopi terbesar dunia dan dianggp memiliki kualitas biji-biji kopi terbaik.

Kompetisi ini ke depannya juga diharapkan mampu semakin meningkatkan popularitas kopi Indonesia di mata dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
MAMA-HAMIL-DAN-KEHAMILAN
Mitos vs Fakta Kehamilan, Berikut 4 Mitos yang Masih Sering Dipercaya Ibu Hamil Tapi Ternyata Salah
Mitos vs Fakta Kehamilan, Berikut 4...
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.