Kompas.com - 25/07/2019, 13:39 WIB
Ilustrasi perut gendut Tomwang112Ilustrasi perut gendut
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak orang menyalahkan gaya hidup sebagai penyebab obesitas. Padahal, banyak hal lain yang juga memicu kondisi ini.

Obesitas bukanlah sekadar kelebihan berat badan, dan merupakan kondisi medis yang memerlukan penanganan secara tepat.

Mengenali penyebab obesitas yang dialami, merupakan langkah awal untuk menentukan cara menurunkan berat badan yang paling tepat, sesuai kondisi tiap orang.

Semakin cepat obesitas diatasi, maka risiko kemunculan penyakit berbahaya lainnya seperti diabetes dan penyakit jantung pun akan berkurang.

Makan berlebihan dan jarang olahraga adalah penyebab obesitas yang sudah umum diketahui. Tapi tahukah kamu, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh faktor-faktor lain berikut ini?

1. Kurang tidur

Kurang tidur bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami obesitas. Tidak hanya pada orang dewasa, dampak ini juga bisa dirasakan oleh anak-anak, sejak usia lima tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat kurang tidur, akan terjadi perubahan cara kerja hormon di dalam tubuh. Perubahan tersebut membuat nafsu makan menjadi bertambah.

Baca juga: Waspadai, Kurang Tidur Picu Obesitas

2. Faktor genetik atau keturunan

Individu yang memiliki orangtua maupun kakek dan nenek dengan kondisi obesitas, berisiko lebih tinggi mengalami kondisi serupa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.