Ada Jasa “Mendandani” CV Biar Makin Dilirik HRD

Kompas.com - 25/07/2019, 16:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Mencari kerja adalah sebuah persaingan. Dari satu posisi yang dibuka, bisa jadi kita harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pelamar.

Salah satu cara untuk tampil menonjol di mata HRD atau perekrut kerja adalah dengan membuat Curriculum Vitae (CV) alias riwayat hidup singkat yang berisi data diri hingga keahlian yang dimiliki secara menarik.

Membuat CV yang menarik memang gampang-gampang susah. Apalagi, idealnya CV tidak terlalu panjang tapi bisa merangkum semua hal yang “menjual” tentang diri kita.

Namun, jangan khawatir karena saat ini di media sosial banyak yang menawarkan jasa mendandani CV agar terlihat informatif tetapi tetap elegan dan berkesan.

Harga yang ditawarkan bervariasi, mulai dari Rp 15.000 hingga Rp30.000 per lembarnya, tergantung tingkat kesulitan.

Salah satu penyedia jasa membuat CV adalah Rico Happy Pratama (20). Mahasiswa salah satu universitas di kota Malang ini memang hobi mendesain.

“Karena aku suka desain, jadi mending aku manfaatin buat bikin jasa CV. Soalnya kan penting juga buat orang-orang yang mau melamar kerja. Perusahaan juga lebih suka CV yang modis tapi simpel,” katanya ketika dihubungi Kompas.com.

Baca juga: 10 Kata yang Harus Dihindari di CV saat Melamar Kerja

Rico yang menawarkan jasanya melalui akun twitter @cococoook mengatakan, sudah memiliki beberapa contoh desain CV yang bisa dipilih sesuai keinginan pelanggannya.

“Aku sudah siapin beberapa template CV, nah nanti konsumen bisa pilih sendiri mau pakai desain yang mana. Kalau jenisnya, sih, yang penting menarik dan artistik,” lanjutnya.

Para pengguna jasa pembuatan CV ini memang mayoritas adalah mahasiswa yang baru lulus kuliah dan sedang sibuk mencari kerja.

Pembuat CV lainnya, Dini, mengaku ketika sedang ramai ia bisa menerima pesanan tiga sampai tujuh dalam sehari.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X