Kompas.com - 25/07/2019, 21:35 WIB
Ilustrasi sulit tidur amenic181Ilustrasi sulit tidur

KOMPAS.com - Sebagian dari kita mungkin pernah mencoba melakukan berbagai cara demi mendapatkan tidur nyenyak. Meski telah berencana untuk tidur setidaknya delapan jam semalam, tapi bisa jadi itu sangat sulit terwujud.

Dengan segala tekanan dan ketegangan yang ada di kehidupan sehari-hari, ada kalanya tertidur dengan mudah adalah hal yang sulit.

Sammy Margo, penulis The Good Sleep Guide, membagikan beberapa trik dan tips praktis yang akan membantu kamu tidur dengan cepat.

Yang pertama adalah mengingat kembali harimu. Mengingat semua yang terjadi, tetapi secara terbalik, ini akan membantu menjernihkan pikiran dari segala kekhawatiran.

“Ingat percakapan, pemandangan, dan suara-suara yang kamu dengar di hari itu. Ini akan membantu mencapai kondisi mental yang siap untuk tidur," kata Margo.

Baca juga: Hobi Lanjut Kerja di Rumah Bikin Sulit Tidur Nyenyak

“Jika itu tidak berhasil, cobalah memikirkan sebuah tempat yang membuatmu bahagia,” lanjutnya.

Selanjutnya, Margo menyarankan untuk membayangkan sebuah tempat yang membuat kamu merasa terpuaskan, entah itu di taman tropis, berlayar di air yang tenang, atau berjalan di tengah kebun bunga.

“Ketika Anda menjelajahi 'tempat bahagia' itu, bayangkan bunga-bunga harum, rasakan rumput atau pasir di bawah kakimu, dan dengarkan air yang dinding perahu. Itu akan dengan segera membuatmu merasa santai dan tertidur."

Namun, tip terakhir mungkin yang paling mudah dilakukan: putar matamu.

"Ya itu betul. Cukup memejamkan mata dan memutar bola matamu tiga kali dapat membuatmu masuk ke alam mimpi," jelas Margo.

“Ini menstimuli apa yang tubuh lakukan secara alami ketika kamu tertidur dan dapat membantu memicu pelepasan hormon kantuk, melatonin,” pungkasnya.

Baca juga: Kesepian Bisa Jadi Penyebab Sulit Tidur di Malam Hari

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber her.ie
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.