Kompas.com - 26/07/2019, 13:05 WIB

KOMPAS.com - Selain mengurangi lingkar pinggang dan lemak di area perut, lemak yang ada di sekitar jantung juga perlu kita basmi.

Riset dalam JAMA Cardiology menunjukkan, latihan kekuatan merupakan salah satu cara terbaik untuk mengusir lemak di area perut yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Manusia memiliki dua jenis jaringan lemak utama di jantung. Jaringan lemak epikardial mengelilingi otot jantung dan arteri koroner. Jaringan lemak perikardium berada di luar jaringan epikardium di jantung.

Meskipun dirangkai bersama, setiap jenis jaringan memiliki sifat yang berbeda. Misalnya, jenis epikardial membagi suplai darah dengan jantung. Perikardial mendapatkan penambah darahnya dari pembuluh darah lain.

Baca juga: Cara Mengurangi Lemak Perut Menurut Sains

Karena kontak langsung dengan jantung dan suplai darah bersama, jaringan lemak epikardial secara konsisten dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

Tidak banyak yang diketahui tentang risiko yang terkait dengan lemak perikardial, karena tidak memiliki kontak langsung dengan jantung.

Tapi, para ahli percaya itu dapat mempengaruhi fungsi jantung secara tak langsung dalam cara yang lebih tidak langsung, namun kemungkunkinannya masih signifikan.

Para peneliti di Denmark mengadakan uji klinis acak yang melibatkan 50 orang dengan penumpukan lemak di perut.

Riset dilakukan untuk mengetahui apakah latihan daya tahan dan resistensi dapat memengaruhi jaringan lemak epikardial dan perikardial.

Dalam riset ini, peserta dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama melakukan latihan interval intensitas tinggi (HIIT) tiga kali seminggu. Kelompok kedua melakukan latihan resistensi atau kekuatan tiga kali seminggu.

Baca juga: 4 Langkah untuk Kikis Lemak dan Bikin Perut Rata

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.