Kompas.com - 26/07/2019, 15:00 WIB
Ilustrasi tabir surya RawpixelIlustrasi tabir surya

KOMPAS.com - Hidup di negara khatulistiwa yang sepanjang tahun selalu panas berarti kita perlu melindungi kulit dengan tabir surya.

Agar kulit terlindungi, kita harus memakai tabir surya dengan tepat untuk memastikan semua bagian tertutup dan tentunya dipakai berulang setiap beberapa jam.

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), hal pertama yang perlu kita ketahui adalah berapa banyak sunscreen yang perlu diaplikasikan.

Setiap tabir surya dengan formula yang berbeda memerlukan proses aplikasi yang berbeda pula.

Untuk tabir surya yang berbentuk lotion dan krim, AAD merekomendasikan untuk memakai minimal 28 gram (setara dengan satu gelas kecil atau sloki), dan menyesuaikannya dengan ukuran tubuh.

Jumlah tabir surya sebanyak satu gelas kecil atau sloki cukup untuk diaplikasikan di area tubuh yang terpapar sinar matahari, dari kepala hingga kaki.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tabir surya dalam bentuk spray sering dianggap lebih praktis daripada lotion. Namun, kita harus memastikan agar mendapatkan SPF yang penuh dan menjaga agar tidak ada noda di tubuh.

Baca juga: Cermati, Risiko Pakai Tabir Surya Kedaluwarsa

Untuk tabir surya dalam bentuk spray, semprotkan minimal enam detik di setiap area tubuh. Jumlah tersebut, kira-kira empat detik lebih banyak daripada yang digunakan kebanyakan orang.

Setelah disemprotkan, gosok tabir surya agar meresap ke dalam kulit, terutama jika kita berada di luar ruangan.

Hanya menyemprotkannya saja akan membuat produk tidak menyebar secara rata dan kulit kurang terlindungi.

Pilih tabir surya dengan kadar SPF minimal 30 dan menawarkan perlindungan spektrum luas terhadap sinar UVA dan UVB.

Saat mengaplikasikan tabir surya ke area wajah, sebaiknya kita melakukannya sebanyak dua kali, dan tidak melupakan area telinga dan kelopak mata. Kita juga harus memilih tabir surya yang tahan air jika akan beraktifitas di dalam air.

Dan sebelum beraktifitas di luar ruangan, pastikan tabir surya belum kedaluwarsa karena sebagian besar tabir surya hanya bertahan sekitar dua tahun.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.