Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2019, 21:16 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tidak semua sepatu baru ditunggu kehadirannya. Hanya sepatu-sepatu istimewa saja yang dinantikan banyak orang untuk dilihat, dipegang, atau dimiliki. Salah satu yang istimewa itu adalah Nike Joyride.

Joyride membuat banyak orang penasaran sejak pertama kali terlihat dikenakan oleh Mark Parker, CEO Nike, pada sebuah acara. Sepatu yang membuat orang bertanya-tanya itu akhirnya diperkenalkan hari ini.

Sepatu ini unik karena menghadirkan teknologi bantalan terbaru dari Nike. Tidak seperti bantalan Air yang menggunakan gas yang dimampatkan atau React yang memiliki struktur busa khusus, bantalan Joyride terdiri dari ribuan thermoplastic elastomer (TPE), yang berupa butiran plastik dan karet.

Butiran TPE yang menjadi bantalan pada Nike Joyridenike Butiran TPE yang menjadi bantalan pada Nike Joyride
Butiran TPE itu dikelompokkan menjadi empat pods di bawah sepatu. Masing-masing kelompok memiliki volume butiran berbeda sesuai tekanan dan penggunaan saat dipakai, yakni lebih banyak di bagian tumit untuk menyerap hentakan dan lebih sedikit di bagian depan agar penggunanya tetap lincah.

Misalnya, jika ada total 8.000 manik-manik di sepatu lari, sekitar 50 persen dari manik-manik tersebut akan berada di bagian tumit, sementara 5 persen akan memberikan bantalan pada ujung kaki.

Ketika sering dipakai, kelompok manik-manik di masing-masing bagian ini akan menyesuaikan dengan bentuk kaki penggunanya, sehingga menghasilkan sistem bantalan yang seolah dibuat khusus untuk kaki penggunanya.

Joyride sendiri merupakan hasil dari percobaan terus-menerus. Seratus lima puluh bahan diuji sebelum akhirnya TPE dipilih sebagai bahan untuk manik-manik.

Nike Joyridenike Nike Joyride
Nike Joyride dirilis pertama kali dalam versi Nike Joyride Run Flyknit. Sepatu yang didesain untuk semua pelari ini memiliki bantalan yang membantu mengurangi
benturan.

Bila tertarik, kamu musti sabar karena Nike Joyride Run Flyknit baru tersedia untuk member Nike pada 25 Juli, disusul dengan rilis global pada 15 Agustus 2019.

Namun ke depannya, masih akan banyak sepatu dengan sistem bantalan ini yang bakal hadir, antara lain Joyride NSW, Joyride NSW Setter, Joyride NSW Optik untuk perempuan, dan Joyride Kids Nova untuk anak-anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com