Cara Ampuh Menghilangkan Stres bagi Wanita Muda

Kompas.com - 26/07/2019, 21:19 WIB
Ilustrasi cara menghilangkan stres SHUTTERSTOCKIlustrasi cara menghilangkan stres

KOMPAS.com - Banyak hal yang bisa berkontribusi memengaruhi kesehatan mental wanita muda.

Dilansir laman NYpost, dari riset terbaru OnePoll atas nama St.Ives, hal-hal tersebut mulai dari kekhawatiran uang, 50 persen; terlalu terkurung, 45 persen; terlalu banyak waktu menonton film, 31 persen; dan pekerjaan, 36 persen.

Dari penelitian itu, yang dilakukan terhadap 2.000 perempuan Amerika usia 16-25 tahun, juga menemukan hampir tiga perempat dari mereka aktif melakukan sejumlah langkah demi meningkatkan kesehatan mental

Baca juga: Bahaya Menjadikan Olahraga sebagai Pelarian Stres

Menariknya, sebagian besar dari mereka memilih alam, di mana 76 persen mengaku menghabiskan waktu di luar rumah dan 96 persen memilih alam demi menghilangkan stres.

Sayangnya, penelitian menemukan, kekurangan waktu adalah penghalang terbesar. Lebih dari setengah perempuan muda mengaku tidak mendapatkan udara segar yang diidamkan.

Dan lebih dari sepertiga mengaku, memiliki lebih sedikit menghabiskan waktu di luar rumah daripada yang dilakukan tahun lalu.

Padahal, tidak butuh waktu lama untuk merasakan energi penguat suasana alam. Rata-rata perempuan muda mengaku merasa lebih baik dalam 20 menit atau kurang setelah di luar.

Baca juga: Stres karena Keuangan Bisa Bikin Penyakit Fisik

Alam luar lebih diminati

Ketika perempuan muda bertambah tua, 61 persen mengatakan mereka lebih tertarik pada alam daripada teknologi.

Salah satu alasan mengapa orang sangat suka menghabiskan waktu di luar adalah kesempatan untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan.

Terbukti, dari riset ditemukan lebih dari separuh responden mengatakan kegiatan menjadi alasan utama mengapa mereka ingin lebih di alam.

Baca juga: Pentingnya Dekat dengan Alam Sejak Usia Dini

Tempat terbuka luar juga terbukti sebagai ruang untuk menghilangkan stres dan menjernihkan pikiran, di mana tempat seperti pantai atau danau yang berada di posisi teratas dengan 60 persen.

Tempat favorit lain untuk mencari kedamaian dan ketenangan adalah kolam renang, 51 persen; kamar tidur, 35 persen; gunung, 34 persen; hutan, 29 persen; dan lapangan terbuka, 27 persen.

Baca juga: Ngemil Bisa Jadi Cara Efektif Redakan Stres



Sumber NYPost
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X