Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/07/2019, 11:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber

KOMPAS.com - Kanker prostat adalah salah satu bentuk kanker paling umum ditemukan pada pria, terutama yang berusia lanjut.

Meskipun kamu tidak dapat menghindari penyakit ini, diet sehat terbukti dapat mengurangi risikonya. Dilansir laman Men’s Health, berikut makanan yang bisa mengurangi risiko kanker prostat.

Kunyit

Ilustrasi kunyit14031857 Ilustrasi kunyit

Bumbu kekuningan ini mengandung curcumin, senyawa yang mungkin memiliki sifat anti-inflamasi.

Studi menunjukkan, curcumin mengganggu metabolisme sel-sel kanker prostat. Penelitian Jepang terbaru memperkuat gagasan bahwa senyawa ini menekan penyebaran sel kanker prostat.

Semangka

Ilustrasi buah semangka.Shutterstock Ilustrasi buah semangka.

Dari sebuah studi tahun 2017 terungkap, untuk setiap 2 miligram (mg) likopen yang dikonsumsi partisipan setiap hari, mereka mengalami penurunan 1 persen dalam risiko terkena kanker prostat.

Nah, semangka merupakan salah satu sumber likopen, di mana 1 1⁄2 cangkir semangka daging merah mengandung 9 hingga 13 mg likopen.

Baca juga: Alasan Semangka Bermanfaat untuk Kehidupan Seksual

Artichoke

bunch artichokeskevin miller bunch artichokes

Bagian inti empuk sayuran berduri ini mengandung antioksidan ferulic acid yang dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat.

Sebuah penelitian di Italia baru-baru ini menetapkan, makanan yang kaya akan asam ferulic dan caffeic (juga ditemukan dalam kopi) dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat.

Untuk memakannya, setelah merebus seluruh artichoke hingga lunak, belah dua, oleskan dengan minyak zaitun dan jus lemon, dan panggang, putar sampai agak hangus. Sebelum disantap, taburi garam, merica, dan torn mint.

Ikan sarden

Ikan sardenThinkstock Ikan sarden

Sarden memiliki asam lemak omega-3, yang dapat meningkatkan kesehatan sel prostat, kata David A. Levy, M.D., ahli urologi di Glickman Urological & Kidney Institute.

Ia melanjutkan, makan lebih banyak omega-3 dapat meningkatkan tingkat metabolisme sel prostat setelah enam pekan.

Wortel

Ilustrasi jus wortelShutterstock Ilustrasi jus wortel

Senyawa yang sama yang bertanggung jawab untuk penglihatan yang baik juga dapat membantu melindungi prostat.

Dalam sebuah studi terbaru di Vietnam, pria yang banyak mengonsumsi wortel memiliki kemungkinan 65 persen lebih kecil untuk terkena kanker prostat dibandingkan yang sedikit makan buah oranye tersebut.

Mengapa? Karena karoten dalam wortel mungkin lebih "bioavailable" daripada di makanan lain, yang artinya tubuh lebih mampu menyerap nutrisi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com