5 Makanan untuk Menurunkan Risiko Kanker Prostat

Kompas.com - 28/07/2019, 11:00 WIB
Wortel modern TTL media/Shutterstock.comWortel modern

KOMPAS.com - Kanker prostat adalah salah satu bentuk kanker paling umum ditemukan pada pria, terutama yang berusia lanjut.

Meskipun kamu tidak dapat menghindari penyakit ini, diet sehat terbukti dapat mengurangi risikonya. Dilansir laman Men’s Health, berikut makanan yang bisa mengurangi risiko kanker prostat.

Kunyit

Ilustrasi kunyit14031857 Ilustrasi kunyit

Bumbu kekuningan ini mengandung curcumin, senyawa yang mungkin memiliki sifat anti-inflamasi.

Studi menunjukkan, curcumin mengganggu metabolisme sel-sel kanker prostat. Penelitian Jepang terbaru memperkuat gagasan bahwa senyawa ini menekan penyebaran sel kanker prostat.

Semangka

Ilustrasi buah semangka.Shutterstock Ilustrasi buah semangka.

Dari sebuah studi tahun 2017 terungkap, untuk setiap 2 miligram (mg) likopen yang dikonsumsi partisipan setiap hari, mereka mengalami penurunan 1 persen dalam risiko terkena kanker prostat.

Nah, semangka merupakan salah satu sumber likopen, di mana 1 1⁄2 cangkir semangka daging merah mengandung 9 hingga 13 mg likopen.

Baca juga: Alasan Semangka Bermanfaat untuk Kehidupan Seksual

Artichoke

bunch artichokeskevin miller bunch artichokes

Bagian inti empuk sayuran berduri ini mengandung antioksidan ferulic acid yang dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X