Kompas.com - 28/07/2019, 14:39 WIB
Ilustrasi perempuan sedang berkirim pesan dengan smartphone. Dok. SamsungIlustrasi perempuan sedang berkirim pesan dengan smartphone.

KOMPAS.com - Jika kamu termasuk orang yang sulit berpisah dari gawai, kemungkinan besar dalam beberapa tahun terakhir ini kamu mengalami kenaikan berat badan atau kegemukan.

Seperti halnya orang yang kebanyakan nonton TV, mereka yang setiap harinya selalu memandang gadget juga kurang aktif bergerak. Tak heran jika lama-lama berat badan bertambah.

Menurut temuan studi baru yang dipresentasikan di American College of Cardiology’s Latin American Conference pekan ini, fenomena kegemukan pada pengguna gadget itu adalah orang muda.

Studi tersebut meneliti 1.060 mahasiswa dari Universitas Simon Bolivar, yang terdiri dari 700 perempuan dan 360 laki-laki dengan rata-rata berusia 19-20 tahun.

Para peneliti menemukan, peserta yang menggunakan smartphone selama lima jam atau lebih, dua kali lebih mungkin minum lebih banyak minuman manis, makanan cepat saji, permen, makanan ringan.

Mereka berisiko 43 persen lebih tinggi mengalami kenaikan berat badan.

"Jumlah waktu seseorang terpapar pada penggunaan teknologi--khususnya memakai ponsel dan gawai--dikaitkan dengan obesitas," kata penulis studi utama Mirary Mantilla-Morrón.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Tidak Hanya Gaya Hidup, 9 Hal Ini Juga Bisa Menyebabkan Obesitas

Hal ini dipicu oleh penurunan aktivitas fisik harian dan meningkatnya kesenangan akan makanan ringan yang tidak sehat.

"Menghabiskan terlalu banyak waktu di depan smartphone memfasilitasi perilaku tidak aktif, mengurangi waktu aktivitas fisik, yang justru meningkatkan risiko kematian dini, diabetes, penyakit jantung, kanker, ketidaknyamanan osteoarticular dan gejala muskuloskeletal,” tulis laporan tersebut.

Ini bukan pertama kalinya penggunaan smartphone dikaitkan dengan kenaikan berat badan:

Pada bulan Februari, misalnya, sebuah penelitian menemukan orang yang makan sambil melihat smartphone mengonsumsi lebih banyak kalori. Penggunaan smartphone yang berlebihan juga dikaitkan dengan kebutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber NYPost
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.