Kompas.com - 29/07/2019, 06:00 WIB
Ilustrasi thinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Hampir setiap rumah pasti memiliki wajan atau panci anti lengket untuk memasak.

Alat masak semacam itu memang sangat cocok digunakan untuk menggoreng atau memasak makanan yang mudah menempel, sehingga kita tak perlu bersusah payah saat mencucinya.

Sayangnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengklaim alat masak anti lengket bisa mengandung bahan kimia berbahaya, yang tentunya akan meracuni makanan.

FDA melaporkan adanya PFAS atau Asam perfluorooktanoik yang merupakan bahan kimia sintetis pada sekitar 98 persen di aliran darah warga di Amerika Serikat.

Baca juga: Helen, Wanita Australia yang Gemar Masak Makanan Indonesia

Salah satu penyebabnya adalah makanan yang dikonsumsi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Badan Perlindungan Lingkungan AS mengklaim zat berbahaya diserap ke dalam makanan dari hal-hal seperti peralatan masak antilengket.

FDA mengklaim kadar PFAS tersebut belum cukup tinggi untuk membahayakan kesehatan. Namun, bukan berarti kita harus mengabaikannya.

Pasalnya, PFAS yang bisa masuk ke dalam makanan saat proses memasak dengan api besar dapat dikaitkan dengan risiko kesehatan serius.

Misalnya kanker, infertilitas atau kerusakan ginjal dan hati.

Para ilmuwan memang belum memastikan apa efek PFAS untuk tubuh. Tapi, sebaiknya kita melakukan pencegahan sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan. Bukan begitu?

Memilih alat masak anti lengket yang aman

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.