Kompas.com - 29/07/2019, 18:32 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Melihat anak kecil lihai memakai gadget, kini tampaknya bukan pemandangan yang aneh. Pasalnya, tak sedikit orangtua yang telah mengenalkan gadget pada anak mereka, bahkan sebelum usia satu tahun.

Namun hati-hati, ada yang perlu diwaspadai orangtua. Sebuah studi baru menunjukkan, kesehatan mental anak berisiko besar akan terganggu jika mereka diizinkan mengakses media sosial sejak usia dua tahun.

Studi yang dilakukan oleh kelompok amal Barnado di Inggris itu, kemudian menimbulkan kekhawatiran tentang bagaimana paparan media sosial pada usia muda dapat memengaruhi anak-anak dan kemampuan komunikasi mereka.

Baca juga: Menghilangkan Rasa Iri Akibat Media Sosial

Rebecca Berry, PhD, Profesor Klinis di Departemen Psikiatri Anak dan Remaja di NYU Langone Health mengatakan, penelitian menemukan penggunaan media sosial berkaitan dengan penurunan rasa percaya diri, karena melihat orang lain yang tampak lebih bahagia.

“Selain itu, ada koneksi yang kuat antara tingginya penggunaan media sosial dengan kualitas tidur yang buruk,” kata Berry.

Salah satu masalah besar yang ditunjukkan oleh penelitian adalah, permasalahan orangtua yang memberikan anak mereka gadget untuk membuat mereka sibuk dan diam, tanpa tahu apa yang mereka tonton.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kecanduan Gadget dan Game Online Itu Nyata

Masalah yang bisa terjadi jika terlalu banyak melihat layar gadget

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh JAMA Pediatrics awal tahun ini melaporkan, anak-anak yang menghabiskan banyak waktu di depan layar ketika mereka berusia dua tahun, akan memiliki masalah tumbuh kembang saat mereka berusia tiga hingga lima tahun.

Khususnya adalah masalah pada ketrampilan motorik dan komunikasi, serta ketrampilan memecahkan masalah, yang akan terpengaruh secara negatif.

Meski demikian, para peneliti mengatakan, belum jelas apakah screen time bisa disalahkan sepenuhnya atas semua itu, tapi faktor-faktor seperti kehidupan di rumah dan pengasuhan juga dapat berperan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X